Jakarta (ANTARA) - Indonesia Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) berkolaborasi dengan CloudSoft Services, perusahaan teknologi asal Malaysia, untuk membangun keunggulan kolaboratif antarkoperasi di Indonesia.

“Kami melakukan interkoneksi, menyambung satu sama lain sehingga bisa membangun keunggulan kolaboratif,” ujar Ketua Komite Eksekutif ICCI Firdaus Putra di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam InnoTech Gathering ICCI 2023 dengan tema “Mengkreasi Interkoneksi Platform Koperasi untuk Meningkatkan Keunggulan Kolaboratif Koperasi”, yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Firdaus menjelaskan bahwa ICCI selaku lembaga perkoperasian Indonesia selalu menggunakan inovasi dan pendekatan baru dalam pengembangan koperasi.

InnoTech Gathering, Firdaus melanjutkan, menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan koperasi Indonesia. Ia mengatakan bahwa salah satu misi ICCI adalah membangun ekosistem inovasi perkoperasian di Indonesia.

Pada 2021, Firdaus mengatakan ICCI bekerja sama dengan Kemenkop UKM untuk digitalisasi koperasi melalui IDXCOOP. Firdaus menjelaskan bahwa melalui portal IDXCOOP, koperasi-koperasi dapat memperdalam pengetahuan inovasi karena tersedia berbagai referensi untuk melakukan transformasi digital.

“Kali ini, satu hal yang ingin kami dorong adalah bagaimana membangun interkoneksi antarplatform,” ujar Firdaus.

Oleh karena itu, ia bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Malaysia, yakni CloudSoft Services.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Chairman CloudSoft Service Datuk Mohd. Yusof bin Izahar. Ia meyampaikan tujuan utama CloudSoft di Indonesia adalah membangkitkan para pelaku usaha kecil dan menengah melalui digitalisasi koperasi.

Ia meyakini digitalisasi dapat memperluas pasar bagi para pelaku usaha yang terlibat di dalam koperasi.

“Melalui program ini, kami ingin membangkitkan para pengusaha UMKM, bukan hanya memasarkan produknya di Indonesia, tetapi sampai di tingkat ASEAN,” kata Datuk Yusof.

Dalam InnoTech Gathering ICCI 2023 tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama beberapa pihak dalam rangka meningkatkan dan mempercepat transformasi digital koperasi di Indonesia.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023