Tangerang (ANTARA) - Forum UMKM Kota Tangerang mengajak pelaku usaha dari 13 kecamatan memberikan bantuan makanan dan lainnya kepada korban kebakaran TPA Rawa Kucing.

Ketua Forum UMKM Kota Tangerang Dewi Jaelani di Tangerang, Selasa, mengatakan bantuan yang dikumpulkan akan langsung diserahkan kepada warga terdampak yang saat ini mengungsi di tiga lokasi.

“Kami menggandeng seluruh UMKM dari tiap kecamatan untuk bersama-sama menyisihkan dan mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak," kata Dewi.

Hal serupa juga dilakukan PMI Kota Tangerang yang menggalang aksi kemanusiaan dengan membuka donasi membantu para warga terdampak di sekitar TPA Rawa Kucing.

Baca juga: BPBD masifkan pemadaman TPA Rawa Kucing di darat dan udara

Baca juga: Pemkot Tangerang kerahkan beragam upaya padamkan TPA Rawa Kucing


Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengatakan masyarakat yang ingin berkontribusi bisa memberikan bantuannya ke rekening Bank Mandiri PMI Kota Tangerang dengan nomor 155-00-1085-365-6

“Selama ini telah banyak warga terdampak yang harus mengungsi dan membutuhkan bantuan. Oleh karenanya, PMI Kota Tangerang membuka kesempatan bagi kalian yang ingin berdonasi," kata Oman.

Selain itu, BAZNAS Kota Tangerang juga telah melakukan aksi kemanusiaan dengan mendistribusikan bantuan dalam bentuk bahan mentah yang dimanfaatkan untuk penyediaan makanan di dapur umum dan posko-posko kebencanaan yang dibangun di sekitar lokasi TPA Rawa Kucing.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan saat ini sebanyak 191 warga telah dievakuasi terkait dampak kebakaran TPA Rawa Kucing.

Selama ini Pemkot Tangerang melalui Dinas Sosial memastikan seluruh kebutuhan masyarakat. Bantuan juga datang dari berbagai pihak. Tak hanya itu, anak-anak juga mendapatkan pemulihan trauma dari pemerintah.*

Baca juga: AP II dirikan posko tanggap darurat di lokasi kebakaran Rawa Kucing

Baca juga: Kemenko Marves nilai penanganan kebakaran TPA Rawa Kucing cepat

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023