Tangerang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang terus memasifkan pemadaman TPA Rawa Kucing melalui jalur darat dan udara di saat titik api mulai berkurang.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan di Tangerang, Selasa, mengatakan pemadaman melalui jalur udara dilakukan satu unit helikopter water bombing BNPB yang sudah beroperasi sejak kemarin.

"Pemadaman menggunakan helikopter water bombing dengan fokus area pintu tiga. Karena ada beberapa titik yang perlu dilakukan dari atas" katanya

Kemudian untuk di jalur darat, dilakukan oleh tujuh tim yang disebar di pintu satu dan dua dengan kegiatan pendinginan karena titik api sudah berhasil dipadamkan.

Baca juga: Pemkot Tangerang kerahkan beragam upaya padamkan TPA Rawa Kucing

Baca juga: AP II dirikan posko tanggap darurat di lokasi kebakaran Rawa Kucing


"Sisanya tim disebar di pintu tiga, serta titik baru dipasang di area belakang melalui akses persawahan di UPT Multikultura DKP Kota Tangerang," katanya.

Ia pun menjelaskan, jumlah personil yang dikerahkan mencapai 600 orang dari berbagai instansi, BNPB dan Kementerian LHK. Petugas bekerja diatur sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Hasilnya sudah sangat bagus, beberapa titik api sudah dapat dipadamkan dan berkurang. Alat berat sudah masuk dan membuat jalur agar pemadaman lebih efektif," ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng mengatakan alat berat dan personil telah dikerahkan untuk membantu pemadaman dan personil yang bertugas.

Personil dari Dinas PUPR yang diterjunkan di antaranya petugas pembersihan embung, driver dan kenek mobil tangki air serta pekerja pembuatan jalan akses masuk ke TPA.

"Personil dan alat berat sudah kita turunkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Semua sarana dan prasarana yang dimiliki dikerjakan untuk mengatasi kebakaran ini," ujarnya.*

Baca juga: Kemenko Marves nilai penanganan kebakaran TPA Rawa Kucing cepat

Baca juga: Pemkot Tangerang siapkan drone thermal atasi kebakaran TPA Rawakucing

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023