Kota Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu di Provinsi Bengkulu mengingatkan para pemilih pemula di wilayah tersebut untuk terpengaruh dengan politik uang, isu suku, agama, ras dan antar golongan (sara) serta berita bohong, sehingga mereka gencar menyuluh soal ini di sekolah-sekolah yang ada di kota itu.

"Kegiatan sosialisasi di sekolah bertujuan untuk pemilih pemula nantinya dapat memilih secara cerdas dan bertanggung jawab," kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bengkulu, Irwansah, di Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Rabu.

Baca juga: KPU Goes to Pesantren gelar nobar film "Kejarlah Janji" di Padang

Mereka memberikan pemahaman terkait dampak negatif dari politik uang, golput dan dapat menjadi penyambung informasi dari KPU untuk menjadi pemilih yang cerdas dan menentukan pilihan terbaik pada Pemilu 2024 serta menjaring pemilih pemula guna memberikan informasi dan pendidikan politik terkhusus kaitannya dengan pemilu 2024.

Oleh karena itu, untuk beberapa waktu ke depan, KPUD Bengkulu akan mendatangi sekolah menengah atas (SMA) sederajat dan sejumlah perguruan tinggi untuk melakukan sosialisasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk meningkatkan partisipasi pemilih dari pemilih pertama dan pemilih pemula.

Baca juga: Mengharap partisipasi aktif pemilih muda pada Pemilu 2024

Selain itu, kata anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Bengkulu, Anggi Stephensent, mereka juga fokus menyuluh sosialisasi kepada masyarakat agar aktif menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

"Sosialisasi terus dilaksanakan agar masyarakat mengetahui kapan dilaksanakan pemilu serta akan menekan angka golput dan mensosialisasikan agar masyarakat aktif menggunakan hal pilihnya dan ditargetkan pada Pemilu 2024 angka golput di Bengkulu rendah," sebut dia.

Baca juga: KPI minta pemilih pemula mengonsumsi media dengan bijak dan benar

Sementara itu, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 270.194 orang dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu yang terdiri dari 132.661 pemilih laki-laki dan 137.533 pemilih perempuan dengan 67 kelurahan dan 985 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penetapan jumlah DPT dan TPS di sejumlah wilayah di Kota Bengkulu setelah KPU Kota Bengkulu telah menyelesaikan rekapitulasi di sembilan PPK.

Penetapan DPT tersebut berdasarkan hasil kerja partisipatif yang telah dilakukan secara maksimal guna menjamin terpenuhinya data pemilih Pemilu 2024 yang akurat dan mutakhir.

Baca juga: KPI: Penyiaran lokal-komunitas berperan penting informasikan pemilu

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023