Keberhasilan ini berkat keikhlasan atas partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat."
Magelang (ANTARA News) - Ratusan penyapu jalan di Kota Magelang menyambut kedatang piala Adipura yang dibawa Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito dari Jakarta di perbatasan antara wilayah Kabupaten Magelang dengan Kota Magelang, Selasa.

Para pelajar juga menyambut kedatangaan penghargaan di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut di sepanjang jalan menuju Kantor Setda Kota Magelang, Jateng.

Hujan yang terjadi tidak menyurutkan antisuasme para pelajar dan masyarakat Kota Magelang untuk tetap berada di pinggir jalan yang dilalui rombongan piala Adipura.

Sesampainya di halaman Pemkot Magelang, rombongan walikota disambut dengan tarian undhuk dari grup kesenian binaan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang.

Di halaman depan Kantor Setda Kota Magelang dilakukan upacara sederhana. Piala Adipura tersebut secara simbolis diserahkan oleh Wali Kota Magelang kepada Ketua DPRD Kota Magelang Hasan Suryoyudho.

Selanjutnya diserahkan lagi kepada Camat Magelang Utara, untuk dikirabkan ke seluruh wilayah Kota Magelang.

Sigit Widyonindito mengatakan, keberhasilan Kota Magelang meraih kembali piala Adipura ini berkat usaha dari seluruh pihak, terutama upaya kerja keras, partisipasi, dan dukungan seluruh masyarakat Kota Magelang.

"Keberhasilan ini berkat keikhlasan atas partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat," katanya.

Ia meminta secara khusus kepada SKPD terkait beserta masyarakat agar ke depan mampu mempertahakan dan meraih kembali piala Adipura.

"Tentunya harus diimbangi dengan peningkatan segala hal yang mempengaruhi penilaian Adipura tersebut," katanya.

Ia menuturkan, pada tahun ini selain kembali mendapatkan piala Adipura, Kota Magelang juga menerima penghargaan dari Presiden RI untuk objek wisata Taman Kyai Langgeng sebagai taman terbaik.  (H018/KWR)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013