Saya sempat was-was dengan keadaan beberapa pemain yang bergabung kembali setelah bermain untuk timnas senior."
Jayapura (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura berhasil membantai tamunya Persisam Putra Samarinda dengan skor akhir 4-1 dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Rabu sore.

Keberhasilan tim kebanggaan warga Kota Jayapura itu menambah poin tiga didapatkan dari empat gol yang diciptakan masing-masing oleh kapten tim Boas Salossa, pemain bertahan Otavio Dutra, mantan penyerang Persidafon Dafonsoro Patrich Wanggai dan `super sub` Lukas Mandowen.

Sementara gol balasan tim tamu Persisam Putra Samarinda diperoleh dari penyerang asing mereka Osas Saha di tambahan waktu babak kedua.

Jalanya pertandingan di babak pertama sangat seru, tuan rumah `Mutiara Hitam` langsung menggempur pertahanan `Elang Borneo` julukan Persisam Putra Samarinda, alhasil kapten tim Boas Salossa berhasil membobol gawang yang dikawal Fauzi Toldo di menit ke 12.

Gol kapten Timnas tersebut tercipta berkat umpan manis pemain tengah Imanuel `Manu` Wanggai di sisi kiri pertahanan anak asuh Sartono Anwar itu. Boas hanya sekali sentuhan kemudian lepaskan tendangan terarah ke dalam gawang lawan. Gol tercipta Persipura pun unggul 1-0 atas tim tamu.

Memasuki menit ke 24, gol ke dua Persipura tercipta melalui kaki pemain belakang Otavio Dutra yang memanfaatkan sepak pojok. Otavio sempat mengecoh beberap pemain bertahan kemudian lepaskan tendangan ke gawang Persisam. Gol kedua tercipta, pendukung tuan rumah bersorak-sorai. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Boas Salossa dan kawan-kawan.

Persisam bukannya tidak ada peluang, berbagai usaha yang dilancarkan penyerang Osas Saha dan kawan-kawan selalu kandas di kaki otavio Dutra dan Ricardo Salampessy yang kokoh menjadi palang pintu terakhir.

Di babak kedua, tiga gol tercipta. Dua gol oleh tim Persipura lewat kaki Patrich Wanggai di menit ke 51 yang mendapat umpan terobosan dari `solo run` Otavio Dutra dari belakang kemudian melepaskan umpan lewat bawah kaki M. Roby.

Patrich yang berdiri bebas dari pengawalan pemain bertahan Persisam Putra samarinda kemudian melepaskan tendangan keras untuk menegaskan keuggulan tuan rumah dengan gol ketiga dalam laga tersebut.

Gol keempat anak asuh Jacksen Fereira Tiago itu tercipta dari pemain pengganti Lukas `Lukman` Mandowen dimenit ke 81 setelah mendapat umpan dari Ferynando Pahabol di sisi kiri pertahanan `Elang Borneo`. Sementara gol hiburan bagi tim tamu berhasil dicetak oleh Osas Saha di tiga menit pertambahan waktu babak kedua, setelah berhasil lepas dari kawalan Yustinus Pae.

Usai pertandingan, pelatih Persisam Putra samarinda sartono Anwar mengakui kemenangan telah tuan rumah. "Kualitas Persipura di atas Persisam. Kecepatan, cara bermain dan mengolah bola, Persipura lebih baik dari kami, tapi saya puas dengan penampilan anak-anak yang telah bermain maksimal," katanya.

Sementara pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengaku bersyukur timnya bisa menang besar padahal sebelum pertandingan pelatih timnas senior itu sempat was-was dengan Persisam. "Saya sempat was-was dengan keadaan beberapa pemain yang bergabung kembali setelah bermain untuk timnas senior. Tapi puji Tuhan, anak-anak bermain penuh semangat melawan pemain-pemain muda Persisam," katanya.

Dengan kemenangan ini Persipura tetap bertahta di puncak klasemen sementara LSI dengan 60 poin dari 24 penampilannya, sedangkan Persisam tertahan diperingkat ke tujuh dengan poin 32 dari 23 kali melakoni pertandingan.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013