Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengesahkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Kehumasan di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho dalam acara puncak HUT ke-72 Humas Polri di Jakarta, Selasa, mengatakan, terbitnya Perkap Nomor 6 tersebut menjadi salah satu kado istimewa dari hari jadi Humas Polri tahun ini.

“Perkap ini mengintegrasikan seluruh layanan aplikasi digital Humas Polri beserta jajaran,” kata Sandi.

Baca juga: Menjawab tantangan kepolisian di era digital melalui fungsi kehumasan

Selain Perkap Nomor 6, DivHumas Polri menerima kado lainnya dari Kapolri, yakni dukungan pimpinan Polri atas pembuatan Portal Humas Presisi yang diluncurkan pada puncak HUT Humas Polri.

Portal ini, kata dia, merupakan rumah besar yang mengintegrasikan seluruh layanan aplikasi digital Humas Polri beserta jajaran.

Jenderal polisi bintang dua itu, berharap hadirnya Portal Humas Presisi dapat membangun komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi berbagai komponen. Dengan demikian, diharapkan dapat memunculkan daya cipta, rasa, dan karsa akan menjadi kesempurnaan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

Baca juga: Kadiv Humas wanti-wanti personel Polri interaksi di medsos

Dari rumah digital ini, kata Sandi, diharapkan pula dapat melawan dan meluruskan berbagai informasi yang salah (hoaks). Sebab, portal ini menyediakan fakta agar pencegahan segala indikasi perpecahan dapat di mitigasi.

“Ini adalah jawaban untuk kami semua membangun keberadaban dan merangkai kebhinekaan di dunia digital sekarang ini. Setiap ada permasalahan bangsa kami bisa saling komunikasi atau cek fakta melalui Portal Humas Presisi,” ujar Sandi.

Baca juga: Polri: Pentingnya sinergisitas kehumasan bangun kepercayaan publik

HUT Humas Polri jatuh pada tanggal 30 Oktober, rangkaian acara peringatan sudah dimulai sejak awal Oktober 2023, dengan berbagai kegiatan di antaranya, bhakti sosial donor darah pada Senin (2/10/23).

Kemudian, kegiatan bhakti sosial pemberian air bersih dilaksanakan pada Rabu (4/10/23). Lalu, kegiatan penghijauan berupa penanaman bibit pohon dan menebarkan ikan dilaksanakan pada Jumat (13/10/23).

Baca juga: Kapolri: Humas harus diisi polisi punya "passion" kehumasan

Kegiatan selanjutnya lomba gen z go vote competition yang bertujuan untuk dapat memahami perspektif masyarakat dan gen z terkait penanganan dan pencegahan isu-isu yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat pemilu. Kemudian, melaksanakan kegiatan penilaian awarding kepada Bidhumas Polda dari 3 s.d. 16 Oktober 2023.

Lalu, pertandingan sepak bola seven soccer bersama insan media 14 Oktober 2023. Selanjutnya. melaksanakan kegiatan nonton bareng film Aku Rindu bersama insan Media pada Jumat (27/10/23).

Baca juga: Polri pastikan kesiapsiagaan Satgas Operasi Mantap Brata 2023-2024

Rangkaian lainnya adalah lomba menembak bersama pemimpin redaksi media yang di ikuti oleh 64 peserta pada Sabtu (28/10/23). Terakhir, deklarasi Pemilu Damai 2024 yang di pimpin langsung oleh ketua dewan pers bersama seluruh pemimpin redaksi, organisasi PWI, AMSI, SMSI, dan IWO yang berikrar akan mengawal Pemilu 2024 yang aman, sejuk, damai dan bermartabat.

“Hari ini juga di acara puncak HUT ke-72 Divisi Humas Polri, Kapolri memberikan penghargaan Humas Presisi Awards kepada 11 Kabid Humas dan 32 media TV, media online, dan radio,” ujar Sandi.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023