Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menyebutkan, pengolahan sampah yang baik seperti sampah buah ataupun sayuran dengan "eco enzyme" bermanfaat untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
 
"Kalau sampah dibiarkan gitu saja, maka menimbulkan masalah, tapi kalau sampah diolah dengan baik, seperti sampah sayuran, buah-buahan, maka akan menimbulkan berkah," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Hal itu disampaikan saat pelatihan pembuatan sabun natural "eco enzyme" yang diselenggarakan Darma Wanita Persatuan Kota Administrasi Jakarta Pusat di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Senin.
 
Selain itu, sampah dari luar ataupun sampah dapur yang diolah dengan baik juga dapat bermanfaat untuk membersihkan kamar mandi, menjadi sabun, alat kecantikan dan alat kebersihan lantai.

Selain mengurangi efek gas rumah kaca, sampah organik yang juga dapat dijadikan sebagai kompos ataupun sebagai campuran cairan untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta.
 
Dhany menyebutkan, di Jakarta Pusat pemanfaatan "eco enzyme" mulai dilaksanakan di Kecamatan Tanah Abang. Pelatihan pembuatan "eco enzym" ini memiliki banyak manfaat terutama dalam rangka membangun sebuah lingkungan yang berkelanjutan.
  Baca juga: DKI raih sejumlah penghargaan pada Program Kampung Iklim
 
Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama seluruh anggota Darma Wanita Persatuan Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam acara pelatihan pembuatan sabun natural "eco enzyme" di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

"Intinya limbah dari dapur itu bisa digunakan menjadi segala macam nilai dan manfaat. Itu bisa kita kembangkan, saya yakin justru akan semakin luas cakupan nilai dari pemanfaatan 'eco enzyme'," katanya.

Karena itu, dikembangkan lagi ke Darma Wanita tingkat kota. "Jadi dari Tanah Abang kemudian kita perluas lagi ke lingkungan Jakarta Pusat," kata Dhany.

Darma Wanita Persatuan Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan pelatihan pembuatan sabun natural "eco enzyme" sebagai salah satu perwujudan program pendidikan pengolahan sampah.
 
"Kita semua sepakat banyak hal kecil untuk mencintai bumi. Memilah sampah sebagai istri ASN harus terbiasa melakukan hal kecil dan menjadi contoh teladan istri ASN, salah satunya membuat 'eco enzyme'," kata Ketua DWP Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ucu Jamilah.
 
Jamilah menyebutkan, Darma Wanita mengajak masyarakat Jakarta untuk bisa memilah sampah dari rumah, mulai dari minyak jelantah, sampan organik, sampah sayuran, sampah buah seperti kulit jeruk, apel dan lain sebagainya.
 
Jamilah berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk seluruh anggota Darma Wanita Persatuan Kota Administrasi Jakarta Pusat, tetapi bukan hanya pembuatan sabun melainkan juga untuk menambah wawasan pentingnya menjaga alam.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023