Terpilihnya Jakarta sebagai lokasi perhelatan Golden Disc Awards salah satunya karena jumlah penggemar K-pop di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Ajang penghargaan musik Golden Disc Awards (GDA) ke-38 yang akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada 6 Januari 2024 akan menghadirkan setidaknya 12 nominasi penghargaan atau nomine.

"JIS memberikan kesempatan untuk bikin stage (panggung) yang sangat besar, mengingat bintang tamu yang akan hadir itu 12 nominasi dari Golden Disc Awards ini," kata Head of Marketing Communications PT NICE, selaku penyelenggara Golden Disc Awards, Rizdania Herlendita dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Daftar nominasi Golden Disc Awards ke-38 baru akan diumumkan melalui laman resmi dan media sosial pada 4 Desember 2023. Ini akan menandai kali kelima acara tersebut digelar di luar Korea Selatan setelah GDA ke-26 di Jepang, GDA ke-27 di Malaysia, GDA ke-19 di China dan GDA ke-37 di Thailand.

Rizdania mengatakan terpilihnya Jakarta sebagai lokasi perhelatan Golden Disc Awards salah satunya karena jumlah penggemar K-pop di Indonesia.

"Pasar musik di Indonesia berkembang sangat pesat dan jumlah penggemar K-pop di Indonesia sangat besar. Tentunya ini menggambarkan betapa berpengaruhnya musik K-pop dengan budaya yang ada di Indonesia, dan musik yang ada di Indonesia," kata Rizdania.

Baca juga: Golden Disc Awards ke-38 akan digelar di Jakarta

Selain itu, Jakarta dipandang sebagai lokasi strategis dan memiliki ragam budaya serta keramahan masyarakat yang menarik perhatian mancanegara. Golden Disc Awards ke-38 tidak hanya mencerminkan antusiasme yang luar biasa tidak hanya dari penggemar K-pop yang di Indonesia, tetapi, juga mencerminkan potensi bisnis dan budaya Indonesia, terutama di Asia Tenggara, menurut Rizdania.

Untuk panggung acara, Rizdania menuturkan mereka akan memberikan jarak yang sangat dekat ke kursi penonton. Kemudian, demi kelancaran acara, penyelenggara, sambung dia, akan memperbanyak penyediaan layanan shuttle (antar-jemput) dan melakukan pengelolaan lalu lintas.

NICE juga mengantisipasi jika terjadi hujan ketika acara berlangsung. Menurut Rizdania, JIS memiliki atap sehingga acara bisa tetap berjalan meskipun hujan.

"Ini memastikan keselamatan artisnya dan kenyamanan bagi penggemar dan penonton," tutur Rizdania.

Dia mengatakan GDA ke-38 dibuat bertujuan untuk mempererat ikatan budaya antara Indonesia dan Korea Selatan serta memperdalam pemahaman terkait nilai-nilai budaya dan tradisi kedua negara.

Acara yang digelar berkolaborasi dengan JTBC sebagai penyiar utama itu juga diadakan sebagai simbol persahabatan dan kerja sama antara kedua negara dan juga kekuatan yang menyatukan musik skala internasional di Indonesia.

Baca juga: BTS menang 4 penghargaan di Japan Golden Disc Awards ke-37

Tiket acara tersedia dalam sembilan kategori mulai dari Rp1.300.000 (CAT 6; duduk), Rp1.750.000 (CAT 5; duduk), Rp2.400.000 (CAT 4; duduk), Rp2.700.000 (CAT 3; duduk), Rp3.550.000 (CAT 2; duduk), Rp4.000.000 (CAT 1; duduk), Rp3.800.000 (Festival B; duduk), Rp4.500.000 (Festival A; duduk) dan Rp6.000.000 (VIP package).

Tiket akan mulai dijual mulai 23 November 2023 untuk VIP package dan 30 November pada jam 13.00 WIB melalui aplikasi Livin' by Mandiri.

"Ini pertama kali acara GDA ada VIP package, mencakup akses tiket VIP, juga akses ke karpet merah. Biasanya kalau karpet merah di sekitaran akan berdiri, kalau ini NICE akan membangun kayak tribun, di karpet merahnya pun akan seated (duduk)," kata Rizdania.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Global Strategi JTBC Yooseok Kim menuturkan GDA ke-38 di Indonesia akan membuat sejarah bagi Korea Selatan dan Indonesia.

"GDA juga berkembang untuk membawakan penampilan spesial dan kolaborasi dan panggung yang menarik. Terima kasih pada penggemar (musik K-pop) di Indonesia, semangat dan dedikasi dari para penggemar ini yang mendorong kami membuat acara yang luar biasa di Indonesia," tutur dia.

Baca juga: BTS kembali raih penghargaan utama Golden Disc Awards

Baca juga: Taecyeon di Jakarta: Panas ya!

Baca juga: Yesung Super Junior umumkan konser "Unfading Sense" di Jakarta

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023