kami mengajak dan peduli kepada saudara-saudara kita di Palestina
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Mohammad Romdhan Pomanto secara resmi mengeluarkan surat imbauan untuk mendonasikan harta sejumlah pihak untuk Palestina, Rabu.

Imbauan ini secara resmi ditujukan kepada para Pimpinan Kepala SKPD/Kabag/Camat dan Lurah se Kota Makassar. Begitu pula kepada para Kepala Sekolah TK/SD/SMP se - Kota, Pimpinan Perusda, Pengurus Masjid beserta jama'ah, Tokoh Masyarakat serta para Ketua RT dan RW.

"Maka kami mengajak dan peduli kepada saudara-saudara kita di Palestina, dengan memberikan atau menyedekahkan sumbangan demi membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang berjuang di Palestina, sekalipun mereka juga tetap harus memperjuangkan hak-hak mereka dan mempertahankan hak-hak kita sebagai umat Islam," bunyi surat imbauan Wali Kota Makassar.

Saat ini, Palestina ditimpa ujian dari Pemerintah Zionis Israel di Kawasan Jalur Gaza Palestina, yang mengakibatkan ribuan warga Palestina harus meregang nyawa. Ibadah mereka pun terganggu dan semakin membuat wilayah-wilayah Palestina semakin berkurang.

Baca juga: Lazismu terus galang donasi untuk Palestina
Baca juga: RI salurkan donasi dari pelaku usaha kosmetik untuk anak di Palestina


Imbauan Pemerintah Kota Makassar ini dirilis dengan berdasar pada hak-hak hidup dan ibadah maupun hak-hak insani di Palestina yang semakin terganggu. Ini dianggap sebagai Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat dan tidak berperikemanusiaan.

"Oleh sebab itu sebagai manusia dan saudara seperjuangan maka patutnyalah kita peduli dan tersentuh dengan perjuangan saudara-saudara kita di Palestina," kutipan surat imbauan tersebut.

​​​​​​Pada surat imbauan tersebut, Danny Pomanto sapaan Moh Ramdhan Pomanto juga meminta agar kiranya sumbangan/kotak amal masjid Pengurus Masjid se Kota Makassar dapat disetor ke Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Makassar untuk ikut disumbangkan ke Palestina.

Selain itu, juga diimbau kepada Umat Islam untuk terus mendoakan Rakyat Palestina agar senantiasa diberi ketabahan.

"Kita berharap setiap Jumat, celengan masjid se Kota Makassar akan kita donasikan ke Palestina. Ini sifatnya mengimbau, jadi bukan untuk memaksa yah," ujar Danny Pomanto.

Baca juga: Donasi ke Gaza, Selena Gomez: Warga sipil Palestina harus dilindungi
Baca juga: PWI dan IJTI gandeng MER-C galang donasi Palestina di PKA
Baca juga: Siswa Wahdah Islamiah kumpul donasi puluhan juta untuk Palestina

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023