Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperkuat jejaring kemitraan pelaku usaha melalui Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo bertema Creative 'n Wonderful Festival (CWF) di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada 10-11 November 2023.
 
Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa mengatakan TKM Expo adalah sarana yang strategis untuk dapat menjalin jejaring kemitraan bagi sesama peserta pameran tersebut.
 
"Kegiatan itu menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan produk serta memperkuat jaringan kemitraan antara pelaku wirausaha," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kemnaker gelar pertemuan bisnis penyelenggara pemagangan di Jepang
 
Pelaksanaan TKM Expo, menurut dia, memiliki manfaat penting dalam mengembangkan potensi usaha agar dapat mempromosikan produknya ke lingkungan yang lebih luas.
 
"TKM Expo juga sebagai interaksi masyarakat untuk mendapatkan dukungan dalam mencapai keberhasilan program perluasan kesempatan kerja," katanya.

Baca juga: Kemnaker-Kadin kerja sama sinergi sistem pasar kerja-pelatihan vokasi
 
Caswiyono mengatakan hal yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini adalah kreativitas, inovasi, dan keterampilan serta imajinasi dalam memproduksi barang atau jasa.
 
Menurut dia, penciptaan lapangan kerja baru sangat penting mengingat saat ini orang berlomba-lomba mencari lowongan pekerjaan.

Baca juga: Kemnaker buka Job Fair Hybrid Kota Padang turunkan angka pengangguran
 
"Saya menginginkan ke depannya geliat TKM, ekonomi, dan UMKM semakin kreatif dan berkembang secara berkelanjutan," kata Caswiyono.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023