memberikan apresiasi kepada insan keselamatan jalan sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan budaya keselamatan lalu lintas
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berupaya menekan angka kecelakaan di jalan raya yang dinilai masih cukup tinggi melalui edukasi dan promosi keselamatan di Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ).

"Salah satu isu global dalam bidang transportasi yang dibahas saat ini adalah tentang keselamatan jalan dan low emission mobility terlebih pada masa setelah pandemi tingkat mobilitas orang dan barang tinggi, sehingga berdampak pada jumlah kecelakaan di jalan,” ujar Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, Arif Toha Tjahjagama dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan apresiasi kepada insan keselamatan jalan pada puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2023 yang digelar di Jakarta dengan tema Teman Sejati” (Selamat di Jalan dan Hati-Hati) #Streetsforlife #Rethink Mobility.

Berdasarkan data Korlantas Polri Tahun 2022, sekitar 3-4 orang meninggal dunia akibat kecelakaan setiap harinya.

Arif menuturkan, saat ini program keselamatan jalan bukan hanya dilakukan oleh Kemenhub, Bappenas, Kementerian PUPR, Polri, dan Kementerian Kesehatan sebagai 5 pilar keselamatan. Namun perlu ada kontribusi dan peran aktif dari berbagai pihak.

“Oleh karena itu, kami mengajak pemangku kepentingan baik pemerintah, akademisi dan juga lembaga swadaya masyarakat untuk sama-sama mendukung keselamatan jalan sebagaimana yang kita lakukan dengan memberikan apresiasi kepada insan keselamatan jalan sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan,” katanya.

Kegiatan PNKJ, katanya, sejalan dengan kampanye keselamatan dunia yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan tujuan untuk menurunkan fatalitas kecelakaan lalu lintas di Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan mengatakan tujuan PNKJ 2023 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sehingga terwujud budaya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan.

Setiap tahunnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengampanyekan kesadaran keselamatan di jalan kepada seluruh masyarakat, baik kepada anak usia dini, pelajar, mahasiswa, komunitas, pelaku usaha bidang usaha transportasi darat, dan tentunya masyarakat umum.

“PNKJ merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) seluruh Indonesia,” tutur Danto.


Baca juga: Menteri PUPR: Kualitas layanan tol berdampak pada keselamatan pengguna
Baca juga: Tekan kecelakaan, Kemenhub ajak masyarakat gunakan transportasi aktif
Baca juga: Pengelola Cipali pasang fasilitas keselamatan dan lebarkan lajur

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023