Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama sepekan terakhir mulai dari transaksi peserta UMKM pada acara Gernas BBI-BBWI 2023 melampaui target sebesar Rp100 miliar hingga DPRD DKI Jakarta menyetujui Raperda tentang APBD tahun 2024 sebesar Rp81,71 triliun.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Transaksi peserta UMKM di Gernas BBI lampaui target Rp100 miliar
 
Transaksi peserta UMKM pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) 2023 sudah di atas target yang ditetapkan panitia penyelenggara sebesar Rp100 miliar.
 
Kegiatan yang berlangsung sejak 8 September dan ditutup hari ini di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, menghasilkan transaksi Rp353,7 miliar.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. Penumpang LRT Jakarta naik rata-rata mencapai 2.800 penumpang per hari
 
PT Lintas raya Terpadu (LRT) Jakarta mencatat jumlah penumpang LRT Jakarta sampai dengan Oktober 2023 mengalami kenaikan rata-rata mencapai 2.800 penumpang per hari.
 
"Sampai dengan Oktober 2023, penumpang LRT Jakarta tercatat sebanyak rerata 2.800 penumpang per hari. Jumlah ini meningkat dari rerata jumlah penumpang harian di tahun 2022 yakni 1.877 penumpang," kata Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
3. Sidang penetapan UMP DKI 2024 hasilkan tiga poin usulan
 
Sidang Dewan Pengupahan untuk membahas rekomendasi besaran upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2024 yang digelar pada Jumat menghasilkan tiga poin usulan dari Pemprov DKI Jakarta, pengusaha, dan pekerja.
 
"Kami berusaha untuk mendiskusikan satu angka supaya Pak Pj. Gubernur lebih mudah. Ternyata tidak bisa kami hasilkan satu angka, jadi kami tidak voting, tetapi akhirnya mengusulkan ada tiga angka," kata Pakar dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Djainal Abidin Simanjuntak usai menghadiri sidang pembahasan rekomendasi UMP DKI 2024 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. DKI Jakarta keruk semua kali antisipasi banjir saat puncak musim hujan
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan pada Rabu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pemangku kepentingan lainnya akan melakukan pengerukan kali secara massal pada Ahad (19/11), guna antisipasi banjir di puncak musim hujan.
 
"Akan dilaksanakan kegiatan kerja bakti massal," kata Ketua subkelompok Urusan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Embai Suhaimi menjawab pertanyaan tentang persiapan dalam rangka puncak musim hujan.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. APBD DKI 2024 sebesar Rp81,71 triliun
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 sebesar Rp81,71 triliun.
 
"Dengan telah disetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2024, untuk menjadi perda maka raperda akan diserahkan kepada Penjabat Gubernur DKI untuk ditindaklanjuti sesuai perundang-undangan yang berlaku," kata Ketua DPRD Provinsi DKI Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat paripurna DPRD DKI di Jakarta, Selasa.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023