Kami menilai titik terparah dampak gempa yakni Desa Serempah tidak lagi layak untuk menjadi tempat tinggal penduduk,"
Bener Meriah, Aceh (ANTARA News) - Bantuan dari berbagai pihak untuk korban gempa bumi di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Provinsi Aceh, terus mengalir, sehingga bisa mengurangi beban warga yang terkena musibah.

"Alhamdulillah, bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta terus mengalir, sehingga persediaan bahan makanan cukup untuk korban gempa," kata Camat Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, M Saleh saat ditemui di Desa Blang Mancung Tengah, Kamis.

Bantuan dari Pemerintah berasal dari Dinas Sosial, sedangkan swasta seperti Pertamina Aceh, Indofood, dan ada juga dari partai politik.

Saleh menyatakan, bantuan tersebut diperkirakan akan terus bertambah, termasuk dari masyarakat, karena korban gempa yang melanda Kecamatan Ketol sangat parah.

Sementara itu, persediaan air bersih juga cukup, karena dibantu oleh TNI dengan menyediakan mobil tanki, dan juga kesehatan.

Pertamina Aceh selain memberikan bantuan makanan berupa beras, mie instan, roti, dan susu, juga menyediakan pelayanan kesehatan.

"Kami membantu bahan makanan senilai Rp80 juta dan pelayanan kesehatan. Bantuan ini untuk meringankan beban korban gempa," kata Manajer Marketing PT Pertamina Aceh Arie Wibowo.

Sementara itu, Menkokesra Agung Laksono dan Mensos Salim Segaf Al Jufri berkesempatan meninjau korban gempa di Kecamatan Ketol yang didampingi Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Zahari Siregar dan Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi serta Bupati Aceh Tengah Nasaruddin.

Kepada masyarakat Agung Laksono mengatakan untuk tidak ragu meminta bantuan medis jika ada yang menderita luka, karena semua biaya ditanggung pemerintah.

Beberapa keluhan masyarakat dihadapan menteri masih menyoal penyaluran bantuan berupa bahan logistik dan kebutuhan tenda darurat.

Kecamatan Ketol merupakan wilayah yang paling parah terkena gempa berkekuatan 6,2 SR pada Selasa (2/7) pukul 14.37 WIB.

Berdasarkan data yang dihimpun di posko gempa Setdakab Aceh Tengah total kerusakan bangunan rumah masyarakat yang rusak berat sebanyak 1.265 unit dari 49 desa, enam kecamatan dan rusak ringan sebanyak 1.922 unit rumah. Belum termasuk bangunan milik pemerintah dan instansi lainnya.

Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengatakan, desa terparah dilanda gempa yakni Kampung Serempah Kecamatan Ketol akan di relokasi karena dinilai sudah tidak layak lagi sebagai pemukiman penduduk.

"Kami menilai titik terparah dampak gempa yakni Desa Serempah tidak lagi layak untuk menjadi tempat tinggal penduduk," katanya.

(KR-IRW/H011)

Pewarta: Irwansyah Putra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013