Jakarta (ANTARA) - Kampanye calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 memasuki hari kedua pada Kamis (30/11).

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berikut tim sukses masing-masing memiliki strategi tersendiri untuk mendulang suara masyarakat nantinya saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin

Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) melanjutkan agenda menyapa masyarakat pada ketiga kampanye Pilpres 2024.

Anies menghadiri seminar kebangsaan Mubes IX PGPI - Persatuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia - tahun 2023 di GBI Mawar Sheraton, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Anies menjanjikan akan membawa kerukunan Jakarta yang merupakan hasil ketika dirinya masih menjadi gubernur ke tingkat internasional. Alasannya, lima tahun di Jakarta saat dia memimpin, adalah lima tahun yang teduh, damai dan tenang. Hal Itu karena kerja-kerja bersama yang luar biasa, bukan kerja satu orang.

Anies melihat Jakarta dengan beragam suku, agama, ras, dan golongan bisa memiliki gagasan persatuan yang ditopang oleh rasa keadilan dan perlindungan untuk semua.

Sementara itu, calon wakil presiden Muhaimin Iskandar ikut menepis isu politik identitas yang melekat pada Calon Presiden Anies Baswedan. Dia mengklaim Anies adalah sosok yang memiliki toleransi tinggi karena merangkul masyarakat minoritas dan menjunjung kebhinekaan ketika masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Saya bersyukur bertemu teman-teman komunitas Tionghoa, Katolik, Kristen, Budha, semua agama ada di sini Konghucu mereka semua memberi testimoni kepada saya bahwa mas Anies sebagai gubernur telah membuktikan dia bersikap adil," kata Muhaimin saat melakukan blusukan ke pasar Chinatown, Glodok, Jakarta Barat.

Pasangan Prabowo-Gibran

Berbeda dari pasangan nomor urut 1 yang langsung bertemu dengan masyarakat, capres-cawapres nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabumi Raka masih memilih tidak ambil cuti.

Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan (menhan) melawat ke Malaysia untuk bertemu Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Putrajaya. Dalam kunjungan itu, Prabowo mendiskusikan dan membahas kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia, sekaligus menjajaki peluang memperluas kemitraan yang sudah ada.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta tetap berkantor dan menjalankan tugas-tugasnya sebagai pejabat publik.

Prabowo Subianto turut diundang dalam Musyawarah Besar IX Persatuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia (PGPI). Ketua Umum PGPI Jason Balompapueng mengatakan gereja dan rumah ibadah agama lain dilarang memfasilitasi kampanye bagi pasangan capres dan cawapres.

"Kami tetap menjaga netralitas, tidak berkampanye. Karena itu, tiga-tiganya kami undang untuk hadir dan mendapat porsi waktu sama semuanya," kata Jason.

Terkait undangan PGPI, Prabowo diwakili anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada hari ketiga telah berada di Jakarta, setelah berkampanye di Provinsi Aceh dan Papua.

Calon presiden Ganjar Pranowo turut menyambangi Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Jakarta Utara. Dia datang menghadiri Mubes IX PGPI. Ganjar tiba lebih dahulu dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan perwakilan capres nomor urut 2 Hashim Djojohadikusumo.

Selanjutnya, Ganjar menyambangi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Ganjar memaparkan visi-misi dan program kerja sebagai calon presiden Indonesia. Dia juga mendiskusikan tentang kemerdekaan pers.

Selain itu, Ganjar mengakui ada dua tantangan yang dihadapi media massa yakni disrupsi media dari konvensional menjadi digital, dan masifnya kehadiran media sosial.

Dia mengakui media menanyakan kepadanya terkait visi dan misinya, program dan seterusnya. Sementara kalangan pemilih, apalagi pemilih pemula, hal itu tidak terlalu tertarik dan tertarik lebih kepada gimik.

Sementara itu Mahfud saat menghadiri pertemuan kelompok relawan Sahabat Muda Mahfud di Jakarta, usai kegiatan berkantor di Kemenkopolhukam.

Mahfud juga menghadiri acara Dies Natalis sekaligus Wisuda Program Sarjana dan Magister Universitas Bung Karno (UBK) dan dialog kebangsaan di pondok pesantren (Ponpes) Nur Antika di Desa Babakan, Tangerang, Banten. Dia dua kegiatan itu, Mahfud hadir sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023