Jakarta (ANTARA) - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD Andi Widjajanto mengatakan pasangan calon tersebut telah mendapatkan banyak masukan dari masyarakat untuk tema debat perdana.

Andi di Media Center TPN Jakarta, Senin mengatakan pasangan calon tersebut sudah berada di Jakarta, dan secara khusus Mahfud MD telah bertemu dengan para pemimpin redaksi untuk mendapat masukan isu-isu strategis di media.

"Dan Mas Ganjar sudah berdiskusi dengan kami di tim, terutama Mas Ganjar menceritakan substansi-substansi yang terkait dengan debat satu tentang politik, hukum, HAM, pemerintahan, yang Mas Ganjar temukan ketika berinteraksi dengan masyarakat di Merauke, Kupang, Rote, Bima, Kendari, Palu, lalu Balikpapan, dan IKN (Ibu Kota Negara)," ujar Andi.

Tema debat pertama Pemilihan Presiden mengenai Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Andi juga mengatakan Ganjar telah mendapatkan banyak saran-saran langsung dari masyarakat yang ditemui tentang tema debat satu tersebut. TPN kemudian mendapatkan saran-saran dari Ganjar yang dibahas sejak Minggu (10/12) dan Senin pagi.

"Kami sudah menyiapkan narasi utama tentang debat satu disesuaikan dengan visi misi, terutama temuan-temuan lapangan yang langsung didapatkan Mas Ganjar selama menjalankan kampanye," ujar Andi.

Selain itu pada tema debat pertama, TPN telah berkonsultasi pada Mahfud MD. Pasangan calon tersebut, menurutnya, sudah saling mengisi tentang isu-isu terkini. Misalnya tentang kemunduran demokrasi, pemberantasan korupsi, dan terkait terobosan-terobosan demokrasi yang ada di era digital dan seterusnya.

"Dengan persiapan-persiapan yang ada yang akan dilakukan satu kali lagi, malam ini, kemudian dua kali tergantung kebutuhan Mas Ganjar, pada dasarnya sudah menemukan narasi utamanya yang yakin kandidat kami akan bisa tampil dengan performance (penampilan) yang sangat baik di 12 Desember," kata dia.
Baca juga: Jubir Muda yakin Ganjar-Mahfud kuat di isu pemberantasan korupsi
Baca juga: Indostrategic: Debat capres/cawapres pengaruhi kemenangan pemilu
Baca juga: Jelang debat capres, Siti Atikoh bantu Ganjar siapkan sisi psikologis

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023