Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus berkampanye menyampaikan visi dan misi masing-masing di berbagai daerah di Tanah Air pada Rabu (13/11) atau hari ke-16 masa kampanye.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memilih pendekatan yang beragam untuk memikat hati pemilih.

Ketiga pasangan capres-cawapres tersebut diberi waktu untuk berkampanye mulai 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.


Anies-Muhaimin
Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kemarin melakukan kegiatan berbeda. Anies berkampanye di Pekanbaru, Riau; sementara Cak Imin menjalankan ibadah umroh.

Untuk Anies, dalam lawatannya ke Kota Pekanbaru, diisi dengan mengunjungi berbagai lokasi, seperti meninjau pembuatan batu bata dan kondisi Kampung Bata.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga berjanji akan memajukan kampung tanpa menggusur, di mana ada beberapa poin yang akan diprioritaskan.

Poin pembangunan infrastruktur yang dimaksud Anies itu, antara lain memperindah kampung, menaikkan anggaran desa, membuat puskesmas dan posyandu lebih proaktif, serta mengajak warga berpartisipasi aktif dalam pembangunan kampung.
 
"Kami akan kerjakan itu agar kampung-kampung merasakan kemajuan, tak kalah dengan kawasan urban lainnya. Maka dari itu, kami ingin memberikan perhatian yang lebih pada kampung terkait pemenuhan infrastruktur dasarnya," kata Anies.

Selain memprioritaskan pembangunan infrastruktur di kampung-kampung, Anies juga mengenalkan program Bansos Plus yang merupakan peningkatan dari program bansos sebelumnya.

Program tersebut sekaligus memperkuat salah satu poin perubahan, yakni meningkatkan apa yang sudah baik. Program Bansos Plus memiliki tiga poin utama, yakni plus manfaatnya, plus penerimanya, plus layanannya, kata Anies.

Dia juga menjanjikan perlindungan hukum gratis melalui program Hotline Paris yang memberikan kemudahan bagi masyarakat saat kampanye di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu.

Menurut Anies, salah satu tanggung jawab negara adalah memberikan bantuan hukum kepada rakyat. Maka dari itu, dia akan menyiapkan pengacara untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan.
 
"Kami akan alokasikan anggarannya, lebih dari yang sudah disiapkan sekarang. Kami juga siapkan pengacara yang mau memberikan ilmu dan pengetahuannya untuk membela rakyat," katanya di Gelanggang Olahraga Sudirman, Pekanbaru.

Menurut Anies, bantuan itu amat diperlukan untuk rakyat kecil sebab masih banyak masyarakat yang tidak punya jalur untuk mendapatkan bantuan hukum.


Prabowo-Gibran
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berikut pendampingnya calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka kembali bekerja masing-masing sebagai menteri pertahanan dan wali kota Surakarta pada hari ke-16 kampanye Pemilu 2024, Rabu.

Prabowo memulai aktivitasnya sejak dini hari di kediamannya, Jakarta, dengan berolahraga renang setelah waktu subuh. Dia kemudian bertolak ke Magelang, Jawa Tengah, pada pukul 07.00 WIB, untuk berkunjung ke Akademi Militer (Akmil).

Prabowo menempuh jalan darat ke Akademi Militer di Magelang dari Bandar Udara Adisutjipto di Yogyakarta. Di Akademi Militer, Prabowo menghadiri acara reuni lulusan Akmil 1973,l dan lanjut meninjau beberapa fasilitas di Akmil.

Selepas kegiatannya di Magelang, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Jakarta via Yogyakarta.

Sementara itu, Gibran kembali bekerja sebagai wali kota Surakarta usai cuti dua hari pada Senin (11/12) dan Selasa (12/12).

Gibran yang sampai Selasa malam masih ada di Jakarta langsung kembali ke Surakarta, Jawa Tengah, setelah mendampingi Prabowo Subianto di acara debat perdana capres di Kantor KPU RI, Jakarta.


Ganjar-Mahfud
Sementara itu, pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud mengisi kegiatan berbeda pada hari ke-16 masa kampanye.

Aktivitas Ganjar kemarin cenderung tidak padat dan ANTARA memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan wawancara eksklusif.

Sedangkan Mahfud MD berkampanye di Banten pada Rabu (13/12). Dia menghadiri Seminar Kebangsaan “Peluang dan Tantangan Demokrasi Bermartabat Menuju Indonesia Emas 2045: Perspektif Politik, Hukum dan Keamanan” di Universitas Faletehan, Serang, Banten.
 
Dalam kesempatan ini, Mahfud juga menyampaikan terkait Indonesia Emas 2045 dari perspektif politik dan hukum diharapkan betul-betul menjadi negara merdeka, bersatu, berdaulat, dan di dalamnya adil dan makmur.
 
Mahfud juga diangkat menjadi warga kehormatan Jawara Pantura Banten usai menghadiri pengukuhan Gapura Nusantara Banten dan Tasyakuran Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud di Desa Warunggunung, Lebak, Banten.

Dalam pengukuhan tersebut, Mahfud diberi peci warna merah dan dipakaikan baju pangsi warna hijau milik salah satu perguruan jawara. Selain itu, Mahfud mendapat surban dan golok sebagai simbol bahwa dirinya menjadi bagian dari warga Jawara Banten.
 
“Saya berharap para jawara, Saudara-Saudara semua menemani dan menyertai perjuangan saya menegakkan kebenaran bersama Mas Ganjar Pranowo," kata Mahfud seperti dikutip dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, Mahfud juga mengatakan bahwa dirinya siap menerima kritik dan bersedia kena sanksi jika melanggar nilai dan prinsip yang dianut oleh Jawara Pantura Banten.
 
"Saya minta, awasi saya. Silakan dikritik dan dijatuhi sanksi apabila saya melanggar prinsip dan nilai-nilai dalam perguruan dan paguyuban ini," ujarnya di depan puluhan kelompok perguruan Jawara Banten.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023