kita kembalikan lagi ke masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Dana Badan Amil Zakat Nasional dan Badan Amil Zakat Infaq Sodaqoh (Baznas Bazis) Jakarta Pusat hingga saat ini terkumpul Rp23 miliar dari target tahun ini sebesar Rp28 miliar.

"Alhamdulillah dari target tahun ini sebanyak Rp28 miliar, sudah tercapai Rp23 miliar," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, di sela penyerahan satu kunci rumah dari program bedah rumah kepada salah warga di Sawah Besar, Jakarta, Pusat, Kamis.

Ia menjelaskan, bedah rumah milik Dini Yolanda, warga Jalan D Nomor 2, RT 016/RW 001, Kelurahan Karang Anyar, Sawah Besar ini dapat terlaksana lewat dana zakat dan infaq dari warga masyarakat yang secara kolektif dikumpulkan melalui RT/RW.

"Jadi, dana yang dikumpulkan oleh masyarakat, kita kembalikan lagi ke masyarakat," ujar Dhany.
 
Ia juga menyatakan, dana zakat itu selain dari masyarakat, juga dari donatur dan aparatur sipil negara (ASN) di Jakarta Pusat.

Baca juga: Jakbar telah membedah 52 rumah tak layak huni
 
Dengan demikian, kata Dhany, kegiatan itu merupakan wujud pendayagunaan zakat dan bukti nyata aliran dana zakat, infaq, dan sedekah dalam menata lingkungan dan rumah warga.
 
Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna menjelaskan, sepanjang 2023 pihaknya telah melakukan perbaikan pada 52 rumah warga di Jakarta Pusat.

"Targetnya 70 rumah, tapi yang terealisasi ada 52 rumah, karena 18 rumah statusnya bermasalah, sehingga tidak bisa kita lakukan," ujar Subarna.
 
Pemilik rumah Dini merasa bersyukur menjadi bagian pada program bedah rumah kali ini.

Dini mengaku rumahnya mengalami kerusakan yang cukup parah lantaran kebakaran yang terjadi pada Maret 2023.

Baca juga: Pemkot Jaksel bantu bedah 36 rumah terdampak kebakaran di Mampang
 
"Saya senang sekali, bisa ikut program bedah rumah ini. Jadi, rumah saya bisa layak untuk dihuni kembali," ucap Dini.
 
Dini turut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat, lurah, camat, Baznas Bazis dan masyarakat yang membantu memperbaiki rumahnya menjadi layak untuk ditempati.
 
Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan kunci tujuh rumah warga hasil renovasi melalui Program Bebenah Kampung di Jalan Matraman Dalam 3, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/9).
 
Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus bersinergi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dan swasta untuk memberikan hunian yang layak bagi warganya.
 
"Ini memang menjadi perhatian Pemprov DKI agar masyarakat secara bertahap bisa mendapatkan hunian yang layak," katanya.

Baca juga: Baznas-Bazis Jaksel targetkan 180 rumah untuk bedah rumah pada 2023

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023