Jakarta (ANTARA) - Lazada menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka pemberdayaan penjual lokal fesyen dengan mendaftarkan ratusan usaha kecil menengah (UKM) fesyen yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon untuk membuka toko digital pada platform e-commerce Lazada.

Jelang akhir tahun 2023 ini, Lazada mendedikasikan kanal khusus Bernama "Harbolnas" yang memuat ratusan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) fesyen, termasuk dari Cirebon, untuk mempromosikan berbagai produk lokal yang ada di Lazada. Laman itu dapat diakses dengan mudah oleh pelaku UMKM di aplikasi Lazada di mana konsumen dapat mengeksplorasi produk dari penjual-penjual lokal asli Indonesia.

Sebagai bagian dari kerja sama itu, ada dua pelatihan yang dilakukan Lazada dan DKUKMPP Kota Cirebon untuk mengakselerasi para penjual lokal secara digital, pada bulan November.

Baca juga: Red Velvet meriahkan acara Lazada Fest 12.12 di Jakarta

Pelatihan pertama adalah Akselerasi Top Seller UKM dan UMKM dari wilayah Kota Cirebon. Pada pelatihan itu Lazada berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur dalam platform hingga melihat peluang pasar bagi penjual di Cirebon yang sudah bergabung di Lazada.

Kedua adalah Mall UKM Cirebon Go Online, pelatihan yang dihadiri ratusan UKM yang baru pertama kali berjualan secara online. Pelatihan itu lebih berfokus kepada hal-hal dasar seperti menyiapkan foto produk yang baik serta memilih keragaman produk supaya toko menjadi menarik bagi konsumen.
 
Tampilan banner Harbolnas di aplikasi Lazada. (ANTARA/HO-Lazada)


Pada acara Mall UKM Online Bareng Lazada, Kepala DKUMPP Kota Cirebon Iing Daiman, S.IP., M.Si menyampaikan apresiasinya atas langkah yang diambil oleh Lazada.

"Kami melihat cukup banyak talenta-talenta pebisnis di Cirebon yang belum dikenal masyarakat luas. Bersama Lazada yang memberikan penawaran kepada UMKM Cirebon untuk dapat bergabung ke kanal ‘Harbolnas’, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para pelaku UMKM agar mendapatkan kemudahan akses untuk meningkatkan pemasaran produk mereka sehingga para UMKM ini dapat memperluas jaringan distribusi hingga ke seluruh Indonesia," kata Iing Daiman.

Baca juga: Menparekraf apresiasi hadirnya 6 produk lokal di Lazada Fest 12.12
 
Kepala DKUMPP Kota Cirebon Iing Daiman, S.IP., M.Si di acara Pelatihan Lazada Top Seller di Cirebon pada 21 November 2023. (ANTARA/HO-Lazada)


Dalam memeriahkan dan mendukung kegiatan UMKM fesyen lokal di festival belanja Lazada 12.12 yang berlangsung dari tanggal 12-16 Desember 2023, Lazada memberikan promo spesial berupa voucher potongan harga hingga 50 persen khusus bagi pelanggan yang berbelanja di Harbolnas. Dengan antusiasme konsumen untuk berbelanja semakin tinggi pada periode akhir tahun, Lazada berharap momen itu dapat mengembangkan bisnis UMKM lokal Indonesia.

Category Director Fashion Lazada Indonesia Athina Tokan menyatakan komitmen Lazada untuk mendukung penjual lokal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia melalui kolaborasi itu, terutama yang berasal dari Cirebon. Kehadiran UKM Cirebon di Lazada diharapkan dapat memberdayakan para penjual lokal Indonesia sehingga semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat luas.

Baca juga: Laz Otomotif jamin keaslian produk suku cadang melalui kurasi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023