Jakarta (ANTARA) - Putra calon presiden Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, menyarankan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu tampil dengan pakaian berwarna dan tidak harus hitam dan putih.

"Oke sih, hitam putih tuh tegas, tegak lurus; tetapi, itu kalau dilihat, warnanya juga suram, agak suram gitu loh. Soalnya kalau cuma tegas, ya, banyak, warna merah juga tegas; dan banyak pilihan lainnya juga, enggak harus hitam putih. Biar lebih berwarna," kata Alam saat tampil sebagai komika mengolok (roating) Ganjar Pranowo di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (21/12).

Alam menyampaikan hal itu supaya pasangan calon Ganjar-Mahfud tetap relevan dengan anak muda, karena mempertimbangkan banyaknya pemilih muda dalam Pilpres 2024.

Baca juga: Alam Ganjar akui bantu persiapan materi hingga busana di debat capres

"Mungkin bisa dilihat juga dari teman-teman di sini, mayoritas tuh anak muda, karena data Pemilu Tahun 2024 itu hampir 60 persen itu diisi sama anak muda. Ya, mungkin ada beberapa tips dari aku yang beneran muda, biar nanti kalau ambil jokes, mau ambil gimik-gimik, itu relevan buat anak muda. Biar nanti enggak kayak om-om sok asik, terus nanti tiba-tiba dikomen, lu tuh enggak diajak," kata Alam.

Selain itu, Alam menyampaikan agar pasangan calon Ganjar-Mahfud memakai pakaian dengan warna senada saat debat kedua Pilpres 2024 yang mempertemukan antarcawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat.

"Sama satu lagi, mungkin kalau teman-teman lihat baliho-baliho di pinggir jalan tuh, Bapak sama Prof. Mahfud tuh kayak enggak telponan, ya. Bajunya tuh beda terus, gitu; yang satu hitam, yang satu putih. Mungkin aja mumpung besok kan debat cawapres, ya, itu mungkinlah nanti malam bisa sleepcall dulu sama Prof. Mahfud. Sleepcall, eh Prof, besok pake baju apa biar kita couple-an? Ya, minimal biar kelihatan bareng gitu, ya," ujar Alam.

Baca juga: Alam Ganjar bertemu Gibran, tegaskan persaingan sehat

Debat kedua capres-cawapres Pemilu 2024, yang mempertemukan para cawapres, digelar di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, mulai pukul 19.00 WIB.

KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Alam Ganjar ajak generasi muda datang ke TPS saat pemilu

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023