Ketersediaan tiket untuk keberangkatan dari Daop 3 Cirebon selama masa angkutan Natal dan tahun baru masih banyak tersedia
Cirebon, Jabar (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat jumlah tiket kereta api di wilayahnya sudah terjual sebanyak 15.547 tempat duduk atau 21 persen dari alokasi yang disediakan pada masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami menyediakan 74.390 tempat duduk selama masa angkutan kali ini, yang sudah terjual sebanyak 21 persen atau 15.547 tempat duduk," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul di Cirebon, Jabar, Jumat.

Dengan jumlah yang terjual saat ini, Rokhmad memastikan bahwa ketersediaan tiket untuk keberangkatan dari Daop 3 Cirebon selama masa angkutan Natal dan tahun baru masih banyak tersedia.

Oleh sebab itu, kata dia, masyarakat atau calon penumpang harus merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket kereta api di wilayahnya masih tersedia.

Rokhmad menyampaikan puluhan ribu tiket yang disediakan itu untuk perjalanan kereta api dari keberangkatan stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon dengan tujuan Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Untuk informasi lebih lanjut terkait kereta tambahan dan penjualan tiket pada masa angkutan tahun 2023, masyarakat dapat menghubungi layanan resmi PT KAI," ujarnya.

Dia menyatakan untuk memberikan jaminan keamanan serta keselamatan pada momen libur akhir tahun 2023, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan serta tes narkoba terhadap pekerja di lembaganya.

Tes tersebut diikuti oleh 20 pekerja awak sarana perkeretaapian (ASP) pada Kamis (21/12/2023), yang akan melaksanakan kedinasan perjalanan kereta api selama masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Daop 3 Cirebon

"Kami berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota Cirebon melakukan sidak tes kesehatan dan narkoba," tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, kata dia, ASP yang terdiri atas masinis, asisten masinis, hingga teknisi kereta api mengikuti serangkaian pemeriksaan tersebut hingga selesai.

"Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilakukan di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas," ujarnya.

Hasil dari tes itu, ungkap Rokhmad, seluruh petugas ASP dinyatakan negatif dari penggunaan narkoba.

Rokhmad memastikan dengan hasil tersebut, artinya para petugas sudah dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya untuk melayani penumpang secara langsung.

Selain itu, para petugas ini merupakan garda terdepan dari KAI Daop 3 Cirebon sehingga mereka harus terbebas dalam penyalahgunaan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang.

"Ini komitmen kami dalam rangka penanggulangan penyalahgunaan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang," ucap dia.

Baca juga: KAI Cirebon siagakan 1.770 petugas amankan masa angkutan Natal 
Baca juga: PT KAI Daop 3 Cirebon siapkan armada tambahan selama libur Natal
Baca juga: KAI Cirebon sediakan 61.800 tiket angkutan Natal dan tahun baru 2024

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023