Jakarta (ANTARA) - Hari ke-26 masa kampanye, Sabtu (23/12), Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 dimanfaatkan para calon untuk berkampanye di berbagai daerah di Indonesia, mereka saling menyebar untuk menggaet suara rakyat.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Anies berkampanye di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah; sementara Muhaimin di Kabupaten Kudus dan Kabupaten Demak, Jawa Tengah lalu bergeser ke Yogyakarta.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melanjutkan kampanye di Jakarta dan Manado, Sulawesi Utara, sedangkan pasangannya, Prabowo Subianto tidak berkampanye.

Berikutnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyebar di tiga provinsi di Pulau Jawa. Ganjar ke Jawa Barat dan Mahfud ke Jawa Timur.

KPU RI menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Adapun hari pemungutan suara akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-26 kampanye untuk kembali Anda simak.

Baca juga: Anies akan terapkan sistem meritokrasi di semua lembaga negara

Anies-Muhaimin

Saat mendatangi Rumah Makan Abah, Brebes, Jawa Tengah, Anies Baswedan berjanji bakal membawa keadilan bagi para pelaku usaha di kawasan jalur pantura (pantai utara) Pulau Jawa yang menjadi sepi pengunjung karena terdampak adanya Tol Transjawa.

Dalam kunjungannya ke rumah makan tersebut, dia mendengarkan keluhan dari pengusaha restoran hingga pengusaha bengkel. Kedua pengusaha itu mengaku kondisi sepi pengunjung itu membuat omzet usahanya terganggu.

Sementara itu, ketika menghadiri acara AMIN Preneur bersama 1.000 UMKM di Graha Idola Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Muhaimin Iskandar berjanji akan menyiapkan lembaga atau badan negara yang mengelola permodalan jika terpilih pada Pilpres 2024.
 
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui para petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (ANTARA/HO-Timnas AMIN)

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, mengatakan kehadiran lembaga permodalan tersebut agar dapat mengatur semua anggaran negara yang totalnya mencapai Rp150 triliun supaya tersalurkan dengan tepat kepada para pelaku UMKM.

Pada kesempatan yang sama, Cak Imin menjanjikan 75 persen pemenuhan belanja kebutuhan pemerintah dibeli dari UMKM. Menurut dia, hal tersebut akan membuka pasar lebih luas serta meningkatkan peluang bagi para pelaku usaha mikro untuk naik kelas.

Cak Imin kemudian mengunjungi K. H. Badawi Basyir di Pondok Pesantren Darul Falah dan bergeser ke Kabupaten Demak untuk menghadiri acara Halaqoh Alumni Pondok Pesantren dan Kiai Kampung. Setelah itu, ia menghadiri Haul Masyayikh di Pondok Pesantren Al Munawwir, Yogyakarta. ​​​​

Baca juga: Jelang debat cawapres, Prabowo tetap aktif sebagai Menhan

Prabowo-Gibran

Blusukan ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Gibran Rakabuming Raka berdialog dengan pedagang. Gibran mengatakan kedatangannya ke pasar tersebut adalh untuk silaturahim dengan para pedagang sekaligus memeriksa beberapa harga barang komoditas.

Selain itu, Wali Kota Surakarta itu juga berbincang dengan pedagang saat blusukan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di sana, ia mengatakan akan merevitalisasi pasar tradisional untuk menciptakan kenyamanan bagi pembeli dan pedagang.
Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka (kiri) berbincang dengan pedagang di los sayur mayur di Pasar Induk Kramat Jati, Sabtu (23/12/2023). (ANTARA/Aprillio Abdullah Akbar)


Gibran melanjutkan perjalanan untuk berkampanye di Manado, Sulawesi Utara. Gibran tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, sekitar pukul 17.30 WITA dan langsung menuju lokasi acara perayaan Natal yang diselenggarakan DPD Partai Golkar Sulawesi Utara.

Putra sulung Joko Widodo itu hadir ditemani istrinya, Selvi Ananda, serta Juru Bicara Emil Dardak dan istrinya, Arumi Bachsin. Pada kesempatan itu, Gibran mengapresiasi Kota Manado sebagai salah satu kota paling toleran.

Baca juga: Cek fakta, Cak Imin sebut lebih dari 20 persen APBN digunakan untuk bayar utang luar negeri

Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di sana, Ganjar berjanji akan menyikat habis praktik 'bajak laut' dengan melibatkan aparat Kementerian Kelautan dan Perikanan, Polri dan TNI jika terpilih sebagai presiden.

Kemudian, ketika berkunjung ke Bangodua, Indramayu, Jawa Barat, Ganjar heran persoalan pupuk langka menjadi pembahasan petani. Kesulitan yang dialami petani di Indramayu itu membuat Ganjar semakin yakin untuk membereskan program satu data di Indonesia khususnya data pertanian.
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) menyalami warga saat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A/foc. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)


Ganjar juga menyambangi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat untuk bertemu untuk bertemu dengan K.H. Dr. Oci Sarkosih di Pondok Pesantren Mansyaul Huda, Kertajati.

Di samping itu, Mahfud MD melakukan makan malam bersama Kiai Probolinggo di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu juga menghadiri Selawatan Persatuan Indonesia di Lapangan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Baca juga: Ketum Hanura minta kader partai tidak bermain-main dengan suara

Baca juga: Gibran sebut banyak yang khawatir soal kemampuannya saat debat pilpres

Baca juga: Ganjar cerita musik rampak genteng yang membahagiakannya di Majalengka

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023