Jakarta (ANTARA) - Saat perhatian tertuju pada jadwal padat 2024 yang menampilkan Olimpiade Paris dan Kejuaraan Sepak Bola Putra Eropa, muncul lima bintang olahraga yang membuat terobosan sepanjang 2023 atau dalam 12 bulan terakhir.

Dilansir AFP, Rabu, kelima bintang tersebut, yakni pertama, pemain basket sensasional Prancis berusia 19 tahun, Victor Wembanyama, yang terpilih sebagai pilihan nomor satu di NBA Draft tahun ini oleh San Antonio Spurs meskipun sang pemain sempat kewalahan bersama tim muda pada bulan-bulan pertamanya musim ini.

Memiliki tinggi 7 kaki 4 inci (2,24 meter), Wembanyama diperkirakan menjadi salah satu wajah di Olimpiade Paris 2024. Namun, target pertamanya yaitu membantu membalikkan nasib Spurs di NBA lantaran timnya berada di posisi terbawah persaingan wilayah Barat.

Wembanyama telah tampil mengesankan, dengan rata-rata mencetak lebih dari 18 poin dan 10 rebound pada setiap permainan sejauh ini di musim debutnya.
 
Pebasket Phoenix Suns Jordan Goodwin (kedua kiri) berupaya melewati pebasket San Antonio Spurs Victor Wembanyama (kiri) dan Zach Collins (kedua kanan) dalam laga NBA di Footprint Center, Phoenix, Arizona, AS ( (31/10/2023). San Antonio Spurs menang tipis 115-114 atas Phoenix Suns. ANTARA FOTO/Zachary BonDurant-USA TODAY Sports via Reuters/tom.


Bintang kedua, yakni atlet lari dari Amerika Serikat (AS), Sha'Carri Richardson, yang sudah lama digadang-gadang sebagai sosok hebat namun kesulitan untuk menunjukkan prestasinya di panggung global hingga kemenangan menakjubkannya di final kejuaraan dunia 100 meter dari jalur 9 di Budapest pada Agustus 2023.

Richardson dijadwalkan berangkat ke Olimpiade Tokyo pada dua tahun lalu sebagai peraih medali, tetapi absen secara kontroversial setelah dinyatakan positif mengonsumsi ganja. Pada 2022, ia juga secara mengejutkan gagal lolos ke turnamen dunia di kandang sendiri di Eugene.

Namun, rekor kejuaraannya yang mencapai 10,65 detik mengalahkan atlet Jamaika, Shericka Jackson dan Shelly-Ann Fraser-Pryce di Hungaria akan membuat Richardson berangkat ke Paris sebagai harapan terbaik AS untuk meraih medali emas dalam lari sprint individu putri. Dia juga menginspirasi Amerika untuk meraih medali emas di nomor estafet 4x100 meter.

 
Pesepak bola putri Linda Caicedo asal Kolombia ( Chris Gardner/Getty Images/AFP )

Ketiga, yakni Pesepakbola Putri dari Kolombia, Linda Caicedo, yang tampil menonjol di Piala Dunia Putri di Australia dan Selandia Baru. Dirinya membantu Kolombia mencapai perempat final untuk pertama kalinya.

Caicedo mencetak gol individu yang luar biasa, yang dinominasikan untuk penghargaan Puskas FIFA dalam kemenangan mengejutkan Kolombia di babak grup atas juara dua kali Jerman setelah juga mencetak gol ke gawang Korea Selatan.

Dengan demikian, ia akan menjadi pemain kunci dalam upaya Kolombia untuk memenangi medali sepak bola Olimpiade pertama di Paris.

 
Pemain Kriket Rachin Ravindra asal Selandia Baru (AFP/MARTY MELVILLE)

Keempat, bintang lainnya yang juga bersinar sepanjang tahun lalu yakni atlet kriket dari Selandia Baru, Rachin Ravindra.

Pemain serba bisa tersebut baru melakukan debut internasional satu hari pada bulan Maret dan kemungkinan akan memainkan peran cadangan di Piala Dunia jika bukan karena cedera yang dialami Kapten Selandia Baru, Kane Williamson.

Kendati demikian, Ravindra berhasil mengamankan posisi awalnya dengan mencatatkan 123 not out yang luar biasa dalam kemenangan sembilan gawang tim Black Caps atas pemegang gelar Inggris pada pertandingan pembuka turnamen di India.

Ravindra berharap bisa memberikan pengaruh lebih lanjut bagi Chennai Super Kings di Liga Utama India dan Piala Dunia T20 Juni mendatang di AS dan Karibia.
Atlet renang Qin Haiyang asal China (AFP/MANAN VATSYAYANA)


Bintang kelima yaitu atlet renang dari China, Qin Haiyang yang mencuri perhatian pada kejuaraan dunia di Fukuoka pada Juli 2023.

Atlet berusia 24 tahun tersebut meraih empat medali emas termasuk final gaya dada 50 meter, 100 meter, dan 200 meter, serta memecahkan rekor dunia pada final gaya dada.

Qin mungkin harus menghadapi kembalinya Adam Peaty di Olimpiade 2024, tetapi diharapkan bisa memberikan banyak medali emas untuk Negeri Panda.

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023