Solo (ANTARA) - Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun menilai para atlet disabilitas Indonesia telah tampil luar biasa di berbagai kejuaraan internasional sepanjang tahun 2023 dan prestasi itu menjadi tahun emas untuk mereka.

"Diantara prestasi internasional para atlet NPC Indonesia itu adalah menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 di Kamboja dan sekaligus juara umum yang ketiga kalinya," kata Senny Marbun di Solo, Rabu.

Menurut Senny Marbun, NPC Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum dengan meraih total 387 medali, yang terdiri dari 153 emas, 141 perak, dan 93 perunggu pada APG di Kamboja.

Dia menilai, prestasi di APG Kamboja itu luar biasa dengan menjadi juara umum yang ketiga kalinya setelah APG 2017 di Malaysia, 2022 di Solo Indonesia dan 2023 di Kamboja.

Bahkan, dia menambahkan, NPC Indonesia juga menorehkan prestasi besar di Asian Para Games Hangzhou China dengan menembus posisi enam besar.

Pada Asian Para Games Hongzhou di China, NPC Indonesia berhasil merebut 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu dengan total 95 medali. Torehan itu menjadi yang terbaik sepanjang mengikuti ajang di tingkat Asia.

Namun demikian, Senny mengatakan, pihaknya tetap melakukan evaluasi untuk menyiapkan program Paralimpiade Paris 2024 dengan target masuk peringkat 40 besar dunia.

"Target ini berdasarkan performa kontingen Indonesia pada ajang multievent, seperti Asian Para Games Hangzhou 2023," katanya.

Pada Paralimpiade Paris yang akan terselenggara pada Agustus 2024, NPC Indonesia berencana meloloskan 30 atlet dari sembilan cabang olahraga, termasuk panahan dan boccia.

Baca juga: NPC: Peringkat kedua WAG bukti atlet difabel mampu harumkan Indonesia
Baca juga: Menpora ingin SOIna setara NPC Indonesia dalam pengembangan prestasi
Baca juga: NPC Indonesia segera bangun pusat pelatihan atlet disabilitas

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023