Jakarta (ANTARA) - Pengamat militer Anton Aliabbas menilai debat ketiga capres Pemilu 2024, yang akan berlangsung pada 7 Januari 2024, perlu menjabarkan komitmen para calon presiden untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri.

"Semua visi dan misi capres mengangkat topik ini (kesejahteraan TNI dan Polri) dalam dokumen. Sayangnya, tidak ada satu pun yang mau mengelaborasi lebih rinci apa saja kebijakan terukur yang akan disiapkan terkait hal ini," kata Anton saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Anton menjelaskan karakteristik pengabdian personel TNI dan Polri berbeda dengan aparatur sipil negara (ASN) pada umumnya, sehingga diperlukan tawaran ide spesifik dari para capres untuk diungkap dalam debat capres mendatang.

"Perbaikan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri ini sangat krusial dalam mewujudkan profesionalisme," tambahnya.

Baca juga: Pengamat sarankan debat ketiga bahas rentannya korupsi alpalhankam

Selain itu, dia juga menyayangkan visi dan misi para capres perihal pembangunan kekuatan pertahanan yang tidak dikaitkan dengan perkembangan lingkungan strategis di era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity), serta ancaman perang yang bersifat lintas dimensi dan domain.

Maka dari itu, Anton juga meminta para capres, saat debat ketiga Pilpres 2024, dapat menjabarkan gagasan mereka soal pembangunan kekuatan pertahanan lebih rinci.

"Karena itu, elaborasi pemikiran capres terkait rencana pembangunan kekuatan pertahanan dikontekskan dengan perkembangan lingkungan strategis dan ancaman perang kontemporer menjadi sangat relevan," ujar Anton.

Baca juga: Ganjar sebut sah-sah saja klaim Prabowo bisa unggul dalam debat ketiga

Tema debat ketiga capres Pemilu 2024 ialah tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Pada 12 Desember 2023, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Selanjutnya, rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN: Debat masih efektif untuk jaring "undecided voters"

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023