Jakarta (ANTARA) - Aktris Meksiko yang juga pengisi suara Mama Coco dalam film "Coco", Ana Ofelia Murguía, meninggal pada Minggu (3/12) dalam usia 90 tahun.

Ditulis laman Deadline Senin (1/1), berita tersebut dilaporkan oleh Institut Seni Rupa dan Sastra Nasional Meksiko pada hari pertama 2024.

“Dengan kesedihan yang mendalam kami menyesali kematian aktris Ana Ofelia Murguía, yang merupakan bagian dari pemeran tetap @CNTeatromx del #INBAL dan yang karier artistiknya sangat penting bagi seni pertunjukan Meksiko,” tulis institut tersebut melalui aplikasi X.

“Kami menyampaikan belasungkawa dan pelukan hangat kepada keluarga dan teman-temannya (Ana Ofelia Murguía," kata Institut tersebut.

Baca juga: Penjualan gitar tradisional Meksiko melonjak berkat film Coco

Lahir di Meksiko pada tahun 1933, Ana Ofelia Murguía bekerja lebih dari 40 tahun di industri film dan TV selama masa keemasan sinema Meksiko. Pada tahun 2011, dia adalah penerima penghargaan pencapaian seumur hidup Golden Ariel.

Dia juga memenangkan aktris pendukung terbaik di penghargaan Ariel pada tahun 1979, 1986 dan 1996.

Film-filmnya yang paling terkenal antara lain "La Reina de la Noche" pada tahun 1994 tentang seorang artis kabaret wanita yang mengubah karirnya di Meksiko setelah meninggalkan Berlin akiibat sebuah insiden dengan Nazi dan "Nothing Will Speak of Us When We're Dead" (1995).

Murguía terlibat dalam pembuatan film "Coco" sebagai pengisi suara nenek buyut keluarga Rivera, Mama Coco. Film "Coco" animasi Disney Pixar memenangkan dua Oscar pada tahun 2018 untuk film animasi terbaik dan lagu orisinal terbaik.

Salah satu momen "Coco" yang paling berkesan adalah adegan Mama Coco dan cicitnya Miguel menyanyikan lagu "Remember Me" bersama-sama.

Baca juga: Aktor Tom Wilkinson di film "The Full Monty" tutup usia ke-75 tahun

Baca juga: Penulis lagu Troye Sivan, BTS dan Beck, Bram Inscore meninggal dunia

Baca juga: Aktor Lee Sun-kyun meninggal dunia di usia 48 tahun

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024