Jakarta (ANTARA) - Masa kampanye Pilpres 2024 pada Minggu (71) memasuki hari ke-41 dari total 75 hari masa kampanye hingga 10 Februari 2024.

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden memanfaatkan waktu kampanye semaksimal mungkin, salah satunya menggunakan sarana debat yang difasilitasi KPU untuk memaparkan visi, misi, dan program kerja.

Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 diikuti oleh para capres untuk beradu gagasan dalam membangun Indonesia.

Debat itu mengangkat isu-isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. Debat tersebut merupakan kelanjutan dari Debat Pertama Capres Pemilu 2024 pada 12 Desember 2023 dan Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 pada 22 Desember 2023.

Baca juga: Prabowo soal tak bersalaman dengan Anies: Dia ngak datang ke saya


Pasangan Anies-Muhaimin
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan ditemani calon wakil presiden Muhaimin Iskandar menghadiri debat KPU di Istora Senayan, Jakarta.

Sebelum berangkat ke lokasi debat, Anies bahkan pamit kepada para tetangga di sekitar rumahnya di kawasan Lebak Bulus Dalam, Jakarta Selatan.

"Tema ini (debat ketiga) adalah tema tentang posisi kita Indonesia di mata dunia," kata Anies.

Dalam sesi debat, dia menegaskan Indonesia harus menjadi pelaku utama di kancah global dalam menentukan arah kemakmuran dunia.

Dia mengatakan Indonesia tidak boleh lagi hanya berperan sebagai "penonton" dalam konstalasi internasional, tetapi juga harus menjadi salah satu kekuatan penentu kebijakan di dunia.

Lanjut Anies, cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan membangun kekuatan ekonomi, kebudayaan, kesenian, dan pertahanan yang ikut mewarnai dunia internasional.

Bahkan, dia juga ingin struktur pertahanan siber dibangun secara serius, karena ancaman non-tradisional semakin hari akan semakin dirasakan Indonesia pada masa depan.

"Kuncinya bukan semata-mata pada teknologinya, kuncinya adalah pada pelibatan semua secara semesta," kata Anies.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar memanfaatkan hari ke-41 kampanye, untuk bertemu dengan para konstituen.

Sebelum mendampingi Anies di lokasi debat, Muhaimin menghadiri acara Deklarasi Dukungan Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) kepada Anies-Muhaimin (AMIN).

Muhaimin optimistis dalam Pilpres 2024, AMIN bisa masuk dalam putaran kedua.

"Kalau ada dua putaran, kami yakin AMIN masuk," katanya.

Baca juga: Mau bersalaman dengan Prabowo, Anies: saya cari sudah tidak ada


Pasangan Prabowo-Gibran
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto juga ditemani calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menghadiri debat KPU di Istora Senayan, Jakarta. Mereka berangkat bersama dari kediaman Prabowo di kawasan Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Jakarta.

Dalam sesi debat, Prabowo mengatakan Indonesia harus bertekad untuk memiliki pertahanan negara yang kuat, agar bisa menjaga kekayaan yang dimiliki, sehingga bisa menjadi negara yang makmur dan sejahtera.

Dia berpendapat, pertahanan merupakan hal penting untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Hal itu merupakan tujuan nasional yang tercantum dalam UUD Negara RI Tahun 1945 dan Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945.

"Tujuan nasional kita yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Jadi, fungsi dari negara yang pertama adalah melindungi, berarti pertahanan," tegas Prabowo.

Bahkan, lanjutnya, peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) menjadi inti untuk memperkuat kemampuan sistem pertahanan Indonesia guna menghalau ancaman siber.

Prabowo menyebut selama dia menjabat sebagai menteri pertahanan (menhan), dia telah membentuk fakultas baru di Universitas Pertahanan, yaitu fakultas bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan matematika.

Saat debat, Prabowo juga turut didampingi Ketua Komisi I DPR RI sekaligus politikus Partai Golkar Meutya Hafid. Komisi I DPR RI merupakan komisi yang membidangi isu pertahanan, luar negeri, dan komunikasi-informatika.

Meutya, yang duduk di barisan paling depan deretan kursi pendukung Prabowo, tersebut terlihat sibuk mencatat di secarik kertas ketika rival Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, memaparkan visi dan misi.

Sementara itu, Gibran Rakabuming berkampanye tatap muka bersama warga Jakarta sebelum mengantar Prabowo ke lokasi debat.

Dengan didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gibran menyapa masyarakat saat Lomba Senam Gemoy di Stadion Cendrawasih, Kalideres, Jakarta Barat.

Acara lomba senam itu dilaksanakan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Golkar dan DPD Golkar DKI Jakarta.

Gibran mengatakan bahwa dia merasa senang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Jakarta melalui acara tersebut. Bahkan, Gibran juga meminta doa restu untuk dirinya dan Prabowo Subianto agar bisa mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 dengan lancar.

"Saya minta doanya agar nanti malam acara debat Pak Prabowo bisa lancar, nanti jangan lupa nonton semua ya," ujar Gibran.

Baca juga: Ganjar sering sebut "data" hingga kenalkan "viralisme" di debat capres


Pasangan Ganjar-Mahfud
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo turut ditemani calon wakil presiden Mahfud MD saat mengikuti debat KPU di Istora Senayan, Jakarta.

Mereka kompak mengenakan jaket bomber hijau ala karakter utama dalam film "Top Gun". Jaket tersebut khas dengan emblem "Sat Set Tas Tes" dan nomor urut 3.

"Temanya Top Gun, Top Ganjar," kata Ganjar.

Dalam sesi debat, Ganjar menyoroti pentingnya redefinisi atau mendefinisikan ulang kebijakan politik luar negeri bebas aktif, yang disesuaikan dengan kondisi kekinian, demi memenuhi keinginan serta memperkuat bangsa dan negara Indonesia.

"Ini penting karena apa? Karena kita perlu untuk memilih, memilah, dan memprioritaskan yg menjadi kekuatan, keinginan dari bangsa dan negara ini," tegasnya.

Ganjar menambahkan Indonesia juga perlu memperkuat infrastruktur diplomasi dengan memperkuat peran duta besar dan diplomat.

Para pihak tersebut, menurut dia, perlu diberi tugas membereskan persoalan-persoalan kepentingan ekonomi nasional, terutama menggaet para investor dunia untuk berinvestasi di Indonesia.

Hal itu ditujukan guna menyokong penciptaan lapangan kerja menjadi lebih baik sehingga semua rakyat dapat memiliki pekerjaan.

Selain itu, Ganjar menekankan komitmen dirinya bersama cawapres Mahfud MD untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Dia menjelaskan bahwa Indonesia tidak pernah lupa dengan kesepakatan untuk mendorong dekolonisasi di dunia.

Ganjar juga menawarkan strategi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan sistem pertahanan 5.0 melalui modernisasi pertahanan SAKTI, yakni program Perkasa dengan Keunggulan Teknologi 5.0 yang diusung oleh Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, Mahfud MD tidak melaksanakan agenda kampanye, Minggu, sebelum mendampingi Ganjar Pranowo mengikuti Debat Ketiga Capres Pemilu 2024.

Baca juga: TKN nilai skor buruk menhan dari Ganjar-Anies tak sesuai sikap partai
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024