Saya enggak mau ninggalin masalah ini ke periode berikutnya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartiko Wirjoatmodjo (Tiko) mengatakan restrukturisasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD, Holding BUMN Pangan, diharapkan selesai dalam waktu sembilan bulan.

"Enggak ada pilihan, saya enggak mau ini tidak beres (selesai) di sembilan bulan ini. Saya enggak mau ninggalin masalah ini ke periode berikutnya," ujar Tiko saat menghadiri perayaan 2 Tahun ID FOOD di Jakarta, Senin.

Tiko menyebut sangat menyayangkan restrukturisasi ID FOOD baru dilakukan pada 2023, saat periode Menteri BUMN Erick Thohir hampir selesai. Oleh karenanya, Tiko mendorong untuk percepatan restrukturisasi.

"Saya perasaan beresin Garuda, Jiwasraya dari 2019, ini kenapa baru 2023 (ID FOOD), mau 2024 baru mulai. Ini saya juga bingung baru sekarang beresin keuangannya, jadi ini harus kita beresin selesai di tahun 2024 sebelum pergantian pemerintahan," kata Tiko.

Tiko mengatakan, hal utama yang perlu dibenahi dari ID FOOD adalah perbaikan keuangan. Kondisi ini akan berkontribusi kepada pemegang saham maupun pemangku kepentingan.

Lebih lanjut, hal fundamental lainnya adalah transformasi bisnis model agar lebih fokus pada bidangnya masing-masing. Diketahui, ID FOOD bergerak di tiga bidang usaha yakni agroindustri, farmasi dan alat kesehatan.

"Fokus juga harus kita rapikan, mana yang on farm, mana yang off farm, mana yang ke luar logistik, mana yang ke luar trading, mana yang lakukan penugasan, mana yang komersil," kata Tiko.

Baca juga: Komisi XI DPR setujui PMN Nontunai senilai Rp2,565 triliun ke RNI
Baca juga: ID FOOD pasok 128 ribu ton gula penuhi kebutuhan Ramadhan-Lebaran

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024