Polda Sultra adalah mitra strategis bagi Pertamina dalam mendukung kebijakan dan pengamanan distribusi energi nasional.
Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi meneken kerja sama untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas untuk tahun anggaran 2024 sebesar Rp37 miliar.

Region Manager Corporate Sales Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Ferry Pasalini, di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa penandatanganan kontrak kerja sama tersebut merupakan langkah lanjutan dan perjanjian kerja sama (MoU) antara Pertamina dan Polri.

Dia menyampaikan bahwa kontrak yang ditandatangani tersebut mencakup penyediaan BBM dan pelumas untuk mendukung kebutuhan operasional kepolisian di Polda Sultra.

"Polda Sultra adalah mitra strategis bagi Pertamina dalam mendukung kebijakan dan pengamanan distribusi energi nasional, oleh karena itu pasokan energi untuk Polri dianggap sebagai prioritas," kata Ferry Pasalini.

Dia menyebutkan bahwa dalam rangka penyediaan BBM, terdapat perbedaan jenis BBM yang disediakan untuk Polri dengan BBM yang dijual kepada masyarakat. Begitu juga dengan harganya yang terdapat perbedaan dengan masyarakat umum.
Foto bersama jajaran Polda Sultra dan PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi usai penandatanganan kerja sama. ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra

"Harga belinya pun berbeda dengan BBM subsidi yang dijual di masyarakat. Untuk tempat mengisinya tetap di SPBU, tapi harganya tetap berbeda," ujar Ferry Pasalini.

Kepala Biro Logistik Polda Sultra Kombes Pol Leo Joko Triwibowo mengungkapkan bahwa nilai anggaran kontrak untuk pembelian BBM dan pelumas Polda Sultra tahun anggaran 2024 mengalami peningkatan dari tahun 2023 lalu.

"Dimana untuk tahun 2024 sebesar Rp37 miliar, sedangkan untuk tahun 2023 lalu hanya sebesar Rp30 miliar," kata Kombes Leo Joko Triwibowo.

Dia menegaskan bahwa untuk saat ini tidak ada masalah terkait dengan kekurangan stok yang dapat mengganggu kegiatan operasional Polda Sultra.

"Dengan penandatanganan kontrak ini, kami berharap Pertamina akan terus mempertahankan kerja sama yang baik, dan stok tetap dapat tersedia tanpa keterlambatan," ujarnya pula.

Dia berharap dengan adanya kerja sama tersebut dapat memberikan kepastian pasokan energi yang cukup bagi kepolisian, dan bisa memperkuat sinergi antara Polda Sultra dan Pertamina dalam mendukung keamanan dan distribusi energi nasional.
Baca juga: Polda Jatim tangkap pelaku penyalahgunaan BBM bersubsidi
Baca juga: Pertamina pantau persediaan BBM di SPBU Tol Tangerang-Merak cukup

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024