Jakarta (ANTARA) -
Kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 pada hari Jumat (12/1) sudah memasuki hari ke-46.
  Kampanye hari ke-46 itu diikuti oleh tiga pasangan calon yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

  KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

  Pada hari ke-46 kampanye, ketiga pasangan calon dan juga tim sukses masing-masing telah melakukan berbagai kegiatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat. Berikut rangkuman kegiatan yang sudah dilalui oleh peserta Pilpres 2024.


Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar

  Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengunjungi Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, pada hari ke-46 kampanye untuk mendengar aspirasi masyarakat yang berada di sisi lain provinsi tersebut.

  Selain di Kota Sibolga, Anies juga mengunjungi Kecamatan Barus di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mendengarkan aspirasi rakyat setempat hingga menyampaikan gagasan.

  Di Kecamatan Barus, Anies berziarah ke Kompleks Makam Mahligai untuk menghormati pendahulu yang pada masanya membuat nusantara ini dikenal di dunia. Kompleks makam tersebut memiliki sejarah berkaitan dengan peradaban Islam di Nusantara.

  Setelah itu, Anies mengunjungi Tapanuli Tengah untuk meyakini masyarakat dan menyebut menginginkan adanya perubahan dan mengajak untuk mewujudkan cita-cita bersama tersebut dengan menyosialisasikan kepada warga.

  Sementara itu, cawapres Muhaimin Iskandar menghadiri acara Konsolidasi Jaringan dan Sumber Daya TPS 50 se Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur.

  Di sana, dia mengatakan mengatakan dukungan relawan Seknas Kuning Ijo Biru (KIB) menumbuhkan optimisme dari pihaknya untuk melaju ke putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilres) 2024.


Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

  Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan kampanye hari ke-46 dengan menghadiri Dialog Calon Presiden yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Djakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta.

  Dalam kesempatan tersebut, Prabowo mengatakan hilirisasi pembenahan perekonomian dapat membantu Pemerintah memajukan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

  Selain itu, dia mengatakan mengatakan dirinya tidak anti terhadap hal hal yang berkaitan dengan kebijakan negara barat.

  Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka menyambangi kantor manajemen media sosial Social Bread di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Banten.

  Di sana, ia membahas dukungan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat menyambangi kantor manajemen media sosial Social Bread di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Banten.

  Selanjutnya, Gibran menghadiri gelaran GEMAZ Fest dan bermain gim daring bersama presenter sekaligus pengusaha Raffi Ahmad di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten.


Ganjar Pranowo - Mahfud Md

  Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan kampanye pada hari ke-46 di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

  Ganjar menghadiri acara sarasehan petani tebu dilanjut dengan melaksanakan Salat Jumat di Kabupaten Jombang.

  Setelah itu, Ganjar menghadiri pertemuan dengan TPC, caleg partai koalisi dan relawan Nganjuk dan Jombang, di aula DPC PDIP Nganjuk, Mangundikaran, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

  Ganjar melanjutkan kegiatannya dengan ziarah makam Mbah Hasyim dan Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, dan dilanjut dengan berziarah ke makam Mbah Wahab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

  Setelah itu, Ganjar bersilaturahmi dengan para kiai kampung di Pondok Tahfid Hamalatul Quran Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ganjar akan menemui petani tembakau di Desa Bawangan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

  Sementara cawapres Mahfud Md memulai kegiatan dengan berziarah ke Makam Ratu Ayu Syarifah Khodijah di Jl. Untung Surapati, Wetanalon, Kersikan, Kecamatan Bangil, Pasuruan.

  Kemudian Mahfud menghadiri acara Halawoh Kebangsaan, ramah tamah, sekaligus menghadiri Sholat Jumat dan membawakan khutbah di Ponpes Canga'an, Jalan Rambutan No.12a, Pesanggrahan, Gempeng, Kecamatan Bangil, Pasuruan.

  Terakhir, Mahfud Md menghadiri acara makan malam yang di gelar di The Icon Beach Lounge and Cafe, Citraland Point of Indonesia Cluster Sunset Quay B/7, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
 

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies sebut KH Bisri Syansuri bagian penting sejarah Indonesia

Baca juga: Prabowo hadiri konsolidasi partai di Medan pada hari ke-47 kampanye

Baca juga: Ganjar targetkan menang 60 persen di Jawa Timur


Pewarta: Fauzan
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024