Jakarta (ANTARA) - Petenis Prancis Terence Atmane memukul raketnya dan terpaksa mundur dari pertandingan sambil menangis karena mengalami kram serius pada saat ia mampu menekan unggulan ketiga Danill Medvedev di Australian Open, Senin.

Petenis kualifikasi tersebut berjuang di tengah panas terik di Margaret Court Arena dan membuat Medvedev kewalahan dengan merebut set pertama namun tidak mampu melanjutkannya ketika kedudukan 5-7, 6-2, 6-4, 1-0.

"Kondisinya sangat brutal. Semakin dia (Atmane) memainkan intensitas ini, semakin baik persiapannya," kata Medvedev, finalis Australian Open dua kali itu, seperti disiarkan AFP, Senin.

"Saya senang bisa lolos. Saya bermain buruk di awal set pertama, tapi saya senang bisa kembali mendapatkan momentum."

Medvedev melakukan break untuk kedudukan 2-1 pada set pembuka dan unggul 5-3, namun Atmane berhasil menyamakan skor menjadi 5-5 ketika Medvedev gagal melakukan pukulan.

Dengan kepercayaan dirinya yang semakin meningkat, Atmane pada debutnya di Grand Slam merebut set tersebut dan membuat petenis peringkat tiga dunia itu menggelengkan kepalanya tak percaya.

Medvedev bangkit untuk melewati set kedua sebelum Atmane mulai mengalami kram parah.

Atmane kesulitan bergerak dan dia menghancurkan raketnya ketika kehilangan servis untuk tertinggal 1-2 pada set ketiga.

Namun, petenis berusia 22 tahun itu dengan gagah berani terus berjuang dalam kondisi kesakitan dengan memadukan servis yang mengandalkan lengan saat Medvedev mendapatkan peluang untuk merebut set ketiga.

Namun, setelah kalah pada gim pertama set keempat, ia terpaksa mundur, menangis tersedu-sedu saat pertandingannya harus berakhir.

Baca juga: Tsitsipas temukan performa terbaiknya di pembuka Australian Open

Medvedev yang akan menghadapi petenis nonunggulan asal Finlandia Emil Ruusuvuori pada babak berikutnya, menjelang pertandingan mengatakan bahwa ia berusaha untuk menjadi "dewasa" dan melakukan lebih sedikit "hal-hal bodoh" di lapangan untuk menghilangkan reputasinya sebagai "penjahat tenis."

Atlet Rusia itu dikenal dengan ledakan emosi di lapangan. Dia berperilaku baik terhadap Atmane, tapi dia mengeluh tentang botol air.

Medvedev kalah dari Novak Djokovic di final Melbourne 2021 dan Rafael Nadal setahun kemudian, yang memicu kemerosotan performa.

Namun, sejak itu ia bangkit kembali, memenangi 66 pertandingan musim lalu, lebih banyak dari petenis lain dalam tur.

Baca juga: Gauff melenggang di Australian Open jelang kembalinya Osaka
Baca juga: Juara Wimbledon Vondrousova tersingkir dari Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024