Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) menggunakan tiga jalur untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024 dengan kuota 7.505 kursi pada 49 program studi di kampus tersebut.

Ketiga jalur tersebut adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM).

"Tahun ini USU menyediakan daya tampung sekurang-kurangnya 60 persen untuk jalur SNBP dan SNBT, serta 40 persen untuk jalur SMM. Informasi lebih lanjut terkait penerimaan mahasiswa bisa diakses di laman https://penerimaan.usu.ac.id," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Dr. Edy Ikhsan di Medan, Kamis.

Untuk lebih mengenalkan kuota calon mahasiswa dan berbagai persyaratannya, USU sendiri telah mengelar sosialisasi kepada para kepala sekolah, guru, bimbingan konseling serta siswa-siswi yang ada di Kota Medan.

Sosialisasi bertujuan memberikan pengarahan dan pembimbingan bagi setiap sekolah dan siswa Kelas 12 dalam memahami jalur masuk perguruan tinggi negeri.


Kepala setiap sekolah juga diharapkan dapat memberikan bimbingan, arahan serta dukungan kepada para siswa-siswi nya dalam memilih fakultas dan program studi yang sesuai sehingga nantinya bisa lolos dalam tahap seleksi.

"Tingkat kompetisi yang cukup tinggi dan keketatan program studi itu harus betul-betul dijadikan data, jadi tidak hanya asal pilih tapi lihat peluang kursi dan keketatan tahun-tahun sebelumnya yang itu bisa menjadi pijakan," katanya.

Terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, Kepala Badan Evaluasi Program Prioritas USU, Ikhsan Siregar, M.Eng mengatakan, pada jalur SNBT menjadi yang paling ketat di seleksi ini.

Ia juga berpesan agar para siswa ketika mendaftar untuk tidak mengikut teman dan bersungguh-sungguh terhadap pilihannya.

"Dalam memilih program studi itu betul-betul yang diminati. Jadi jangan hasil ikutan dari kawan, dengar-dengar program studi yang suka dari kawan, atau dari paksaan orang tua," katanya.

Baca juga: USU raih tiga emas di Anugerah Diktiristek 2023

Baca juga: Universitas Sumatera Utara kukuhkan lima guru besar  

Baca juga: Menyanyikan lagu delapan etnis, USU pecahkan Rekor MURI

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024