Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Jamaluddin Jompa secara resmi melepas 849 mahasiswa outbound Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Flagship di Aula Prof Amiruddin, Fakultas Kedokteran, Kampus Tamalanrea di Makassar, Jumat.

Mahasiswa MBKM Flagship yang dilepas yakni Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 4, magang dan studi independen bersertifikat (MSIB) angkatan 6 dan Kampus Mengajar 7.

Prof Jamaluddin Jompa juga memberikan motivasi dan arahan kepada mahasiswa Unhas yang akan mengikuti program MBKM.

Baca juga: Unhas dan ICRAF Indonesia bahas potensi kerja sama program MBKM

Ia mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai platform yang tidak hanya meningkatkan kapasitas keilmuan, tetapi pengalaman mendalam dalam pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Jamaluddin berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik almamater dan melaksanakan kegiatan yang akan diikuti dengan baik.

Menurutnya, para mahasiswa Unhas yang mengikuti program MBKM merupakan duta kampus yang membanggakan, karena berhasil melalui beberapa proses tahapan dari masing-masing program MBKM yang diikuti.

“Kalian pergi dengan membawa semangat Unhas, program MBKM yang diikuti bukan hanya mewakili diri sendiri, tetapi juga Unhas. Jaga nama baik almamater, beritahu kami jika ada masalah atau program yang ingin dilakukan dan membutuhkan arahan dan masukan. Kami siap bantu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin menyampaikan awal tahun 2024, dilakukan dengan penguatan program MBKM, dimana beberapa program MBKM akan mulai dilaksanakan dengan jumlah mahasiswa yang besar.

Lebih lanjut, ia mengatakan Januari 2024 jumlah mahasiswa yang akan mengikuti program outbound MBKM sebanyak 849 yang tersebar dari beberapa program, di antaranya PMM, MSIB dan Kampus Mengajar.

Baca juga: Unhas sosialisasikan Program MBKM Kemendikbudristek dan mandiri

Baca juga: PMO MBKM Kemendikbudristek dorong mahasiswa berwirausaha


Ia mengucapkan apresiasi dan rasa bangga atas semangat yang kuat dari para mahasiswa Unhas untuk mengikuti program tersebut.

“Ini merupakan kerja keras dan keinginan yang sangat kuat dari para mahasiswa kita. Terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat untuk mendorong penguatan keterlibatan Unhas dalam program MBKM,” kata Prof Ruslin.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024