Jakarta (ANTARA) - Runner-up dua kali Daniil Medvedev mengaku kelelahan saat berhasil mengalahkan Hubert Hurkacz, Rabu, untuk melaju ke semifinal Australian Open ketika ia semakin dekat untuk memenangi Grand Slam keduanya.

Petenis peringkat tiga dunia itu akhirnya menjinakkan unggulan kesembilan asal Polandia tersebut dengan skor 7-6(7/4), 2-6, 6-3, 5-7, 6-4 dalam pertandingan yang berlangsung hampir empat jam di Rod Laver Arena.

Dia akan bertemu unggulan kedua asal Spanyol Carlos Alcaraz atau unggulan keenam asal Jerman Alexander Zverev untuk memperebutkan tempat di final pada Minggu.

Memainkan pertandingan Grand Slam-nya yang ke-100, Medvedev kini melaju ke semifinal turnamen major kedelapan, tetapi hanya pernah memenangi satu gelar -- di US Open 2021.

Dia mencapai final di Melbourne pada 2021 dan 2022, tetapi dikalahkan oleh Novak Djokovic dan Rafael Nadal.

"Saya sangat kelelahan saat ini. Sejujurnya saya sudah merasakannya secara fisik di akhir set kedua dan saya berkata untuk tetap tegar," kata Medvedev, seperti disiarkan AFP.

Baca juga: Medvedev melaju ke perempat final Australian Open

"Pada set keempat saya tidak lagi konsentrasi dan saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan apa pun yang saya bisa."

"Saya senang karena dengan cara ini saya berhasil menang," ujar petenis Rusia itu.

Hurkacz memiliki servis yang sangat kencang dan salah satu yang terbaik, namun Medvedev dapat mengembalikan bola dan ia terus menyerang sejak awal, dan langsung mematahkan servisnya.

Semangat Hurkacz yang berapi-api mereda dan pukulan backhand dari baseline di gim keenam membawa set pertama kembali ke level yang sama.

Pertandingan berlanjut ke babak tiebreak, di mana terlalu banyak unforced erorr yang dilakukan Hurkacz terbukti merugikan dirinya sendiri.

Marah karena kehilangan konsentrasi, Hurkacz menyerang pada awal set kedua, langsung mematahkan servis Medvedev dan kembali menyamakan kedudukan pada gim ketujuh.

Namun, kesalahan ganda yang jarang dilakukan Hurkacz -- yang merupakan kesalahan kedua dalam pertandingan tersebut -- saat tertinggal 30-40 pada servis pembukaannya pada set ketiga kembali membuat Medvedev unggul.

Dengan Hurkacz yang menurun, Medvedev meningkatkan tekanan pada set keempat dengan break awal, namun ia tersendat pada servis pada kedudukan 4-3 untuk membiarkan Hurkacz bangkit dan pertandingan berlanjut ke set penentuan.

Momen kritis dalam pertandingan ini terjadi ketika Hurkacz melakukan servis pada kedudukan 3-3 pada set kelima dan melakukan pukulan backhand-nya yang terlampau panjang untuk memberi Medvedev break yang ia butuhkan untuk memastikan kemenangan.

Baca juga: Medvedev lewati "kondisi brutal" babak pertama Australian Open
Baca juga: Medvedev melaju mulus ke putaran kedua US Open 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024