Jakarta (ANTARA) - Masa kampanye Pemilu 2024 telah memasuki hari ke 63 pada Senin (29/1), ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden memanfaatkan waktu untuk terus meyakinkan konstituennya di beberapa daerah di Indonesia terkait visi dan misi kepemimpinannya.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar membagi tugas kampanye di wilayah Jakarta dan Yogyakarta.

Serupa, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga berkampanye terpisah, Prabowo mendampingi presiden meresmikan gedung baru komplek Akademi Militer di Magelang, Jawa tengah. Sedangkan Gibran berkampanye di beberapa kota di pesisir utara Jawa (Pantura).

Sementara itu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md berkampanye di wilayah Timur dan Barat Indonesia.

Seperti diketahui, KPU RI sudah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Adapun hari pemungutan suara akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada hari ke-56 kampanye untuk kembali disimak.
 

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Memulai kampanye ke-63 Anies Baswedan berkesempatan bertemu dengan KH Mahfudz Asirun di Pondok Pesantren Al-Itqon, Cengkareng, Jakarta Barat, dalam rangka silaturahmi sekaligus meminta didoakan.

Kemudian, Anies menghadiri kegiatan Desak&Slepet AMIN secara dari di Jakarta. Dalam pertemuan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkomitmen mengkaji ulang undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang dinilai tidak memberikan rasa keadilan untuk para pekerja kerha biru.

Anies juga menghadiri acara Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Institute 2024. Dalam kesempatan itu, dia menekankan pentingnya kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas.

Mantan Menteri Pendidikan itu juga menyinggung soal Undang-Undang Omnibus Law yang bermasalah, serta pengeluaran pemerintah yang banyak untuk keindahan kantor.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar yang menghadiri kegiatan apel akbar rakyat bersama di Purawisaa Kaparakan, Yogyakarta.

Muhaimin juga menghadiri acara Desak Anies x Slepet Imin feat Rhoma Irama di JiExpo Kemayoran.
 

Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka

Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto kembali bekerja sebagai menteri pertahanan pada hari ke-63 kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sementara pasangannya, Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berkampanye di beberapa kota di pesisir utara Jawa (pantura).

Prabowo, pada Senin (29/1), mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam acara peresmian gedung baru di kompleks Akademi Militer, yaitu Graha Utama Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Di Magelang, Prabowo makan bersama Presiden Jokowi di warung bakso Bandongan.

Usai makan Bakso dengan presiden, Prabowo menghadiri acara diskusi Industri Keuangan dan Pasar Modal dalam Roadmap menuju Indonesia Emas yang diselenggarakan oleh relawannya di Jakarta.

Dalam acara tersebut, Prabowo mengatakan bahwa program makan siang gratis tidak hanya dibutuhkan oleh para siswa, melainkan juga para guru.

Sementara itu, Gibran dijadwalkan berkampanye di Pekalongan, Tegal, dan Brebes. Kegiatannya bertemu dengan pengrajin batik dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Pekalongan pada Senin pagi.

Kemudian, Gibran dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Tegal untuk bertemu dengan komunitas nelayan dan pengrajin tembaga.

Dalam kampanyenya, putra sulung Presiden Jokowi ini berjanji bakal membantu usaha para pengrajin batik Pekalongan.

Saat bertemu komunitas petani di Tegal, Jawa Timur, Gibran juga berjanji akan menghapus Kartu Tani jika dirinya memenangkan Pemilu 2024.

Gibran menyebut, wacana itu muncul karena pasangan Prabowo-Gibran tidak ingin menyulitkan para petani mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.
 

Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Ambon dan Banda Neira, pada hari ke-63 kampanye Pilpres 2024, Senin, sedangkan calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md mengunjungi Pekanbaru.

Di Maluku, Ganjar optimistis menangkan suara pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Kemudian, saat berkampanye di Ambon, Ganjar menjanjikan akan menciptakan lapangan kerja lebih baik hingga melunasi utang petani dan bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) jika terpilih pada Pilpres.

Dalam kegiatan kampanyenya, capres berambut putih itu mengunjungi situs sejarah di Banda Neira, seperti Benteng Belgica, Museum Sejarah Banda Neira, Istana Mini dan Rumah Syahril.

Sementara itu, Mahfud MD menghadiri silaturahmi bersama Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh di Pemuda Riau di Hotel Premiere Pekanbaru, Riau, pukul 09.15 WIB.

Pada pukul 11.15 WIB, Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum ini akan menghadiri peresmian gerai UMKM progresif dan ramah tamah di Sultan Kopi Tiam, Pekanbaru.

Mahfud mengakhiri kampanyenya dengan menghadiri 'Kampanye Politik' di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, pukul 13.45 WIB.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024