Saya menargetkan ada 100 Rojo Sambel Si Aa hadir di tengah masyarakat Indonesia pada tahun 2024 ini.
Bandarlampung (ANTARA) - Selebriti terkenal Raffi Ahmad menargetkan 100 outlet Rojo Sambel Si Aa berdiri di tanah air sebagai salah satu upaya mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya kuliner naik kelas.

"Setelah sukses membuka 28 outlet di beberapa daerah di Indonesia, dan saya menargetkan ada 100 Rojo Sambel Si Aa hadir di tengah masyarakat Indonesia pada tahun 2024 ini," kata Raffi, usai membuka cabang Rojo Sambel Si Aa, di Bandarlampung, Lampung, Rabu.

Ia mengharapkan putra putri atau pelaku usaha di tanah air dapat bergabung untuk mengembangkan bisnis khususnya kuliner seperti Rojo Sambel Si Aa. Sehingga, kata dia lagi, pelaku usaha terutama UMKM dapat mengembangkan bisnis hingga naik kelas.

Owner Rojo Sambel Si Aa Yudistira Putra mengatakan awalnya Rojo Sambel merupakan sebuah usaha UMKM kaki lima 2022 lalu. Selama dua bulan berjalan, bisnis kulinernya mengalami jatuh bangun bahkan sempat digusur dua kali.

Namun pada Februari 2023, Putra berkesempatan bertemu dengan Raffi Ahmad.

Saat itu, Raffi Ahmad tertarik dengan menu dan potensial dari Rojo Sambel, sehingga ia melakukan investasi dan merebranding usaha kuliner tersebut dengan nama Rojo Sambel Si Aa.

Putra menjelaskan, Rojo Sambel si Aa menghadirkan beragam menu kuliner favorit dan memiliki ciri khas tersendiri melalui proses pengasapan, di antaranya berupa ayam asap, bebek asap, ayam goreng.

Lalu, bebek goreng, nasi jeruk dan nasi bakar, dengan pilihan menu tambahan berupa tahu, tempe, cah kangkung, cah kangkung belacan, dan beberapa minuman pilihan yaitu es jeruk, es kelapa, dan es kelapa jeruk.

"Ya, menu hidangan ini dapat dinikmati bersama dengan sambal mangga, sambal bumbu hitam, sambal bawang, dan sambal dadak yang pedas, untuk rasa pastinya yang menggugah selera bagi para pecinta sambal," ujarnya pula.

Beberapa penikmat kuliner mungkin bertanya mengapa daging ayam atau bebek Rojo Sambel Si Aa berwarna merah. Hal ini dikarenakan proses daging ayam dan bebek yang diolah oleh Rojo Sambel Si Aa ini merupakan ciri khasnya tersendiri.

Daging ayam dan bebek di Rojo Sambel melalui 4 proses, mulai dari ungkep, presto untuk membuat dagingnya empuk, dan proses fermentasi pengasapan menggunakan panas dari pembakaran kayu dan diletakkan dekat api agar tidak terbakar.

"Untuk proses pengasapan ini menambah cita rasa dari asap tersebut, sehingga juga mempercantik warna daging menjadi merah dengan reaksi Maillard. Terakhir, daging ayam dan bebek itu akan dibakar atau digoreng sesuai permintaan dari pelanggan," katanya lagi.

Peresmian outlet Rojo Sambel Si Aa berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto No. 70 Enggal, Kota Bandarlampung itu dihadiri Nagita Slavina dan sahabatnya Putri Zulkifli Hasan yang berkolaborasi dalam bisnis rumah makan Rojo Sambel dan Adhya Group.
Baca juga: Raffi Ahmad takjub ada jenama pelumas RI di Museum Lamborghini Italia
Baca juga: Siapkan masa depan Rafathar dan Rayyanza, Raffi Ahmad perluas bisnis

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024