Saint Petersburg, Rusia (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis sore, menghadiri pertemuan tingkat tinggi kepala negara G20 di Saint Petersburg Rusia diawali dengan acara penyambutan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin selaku tuan rumah.

Acara dimulai pada pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB. Presiden Yudhoyono mendapat urutan kedatangan terakhir setelah kedatangan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama.

Setelah sesi penyambutan dari tuan rumah, kemudian dilanjutkan dengan sesi pertama pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Rusia Vladimir Putin,

Duduk beriringan dengan Putin, Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr yang mewakili PM Kevin Rudd, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden AS Barrack Obama.

Prioritas isu yang akan dibahas dalam pertemuan G20 ini yaitu pertumbuhan melalui penciptaan lapangan kerja dan investasi yang berkualitas, pertumbuhan melalui terciptanya transparansi dan saling percaya serta pertumbuhan melalui regulasi yang efektif.

Namun pertemuan G20 kali ini dibayangi oleh dua isu global yaitu rencana pengurangan stimulus keuangan Amerika Serikat oleh Bank Sentra AS dan isu rencana intervensi militer AS ke Suriah.

(P008/R010)

Pewarta: Panca H Prabowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013