Kami ingin (dalam APEC 2013) berdiskusi dengan para pimpinan anggota APEC
Jakarta (ANTARA News) - Taiwan menginginkan kerja sama yang lebih kooperatif dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 2013.

"Tantangannya dalam APEC nanti negara-negara lebih kooperatif dalam mengatasi masalah bilateral dan multilateral," kata Deputi Perwakilan Kantor Perdagangan dan Ekonomi Taiwan di Indonesia (TETO), Phoebe Yeh, dalam diskusi di President University, di Cikarang, Selasa.

Dia menyadari proses tersebut memakan waktu yang lama karena harus mendiskusikannya dengan banyak negara. Namun Phoebe menekankan kerja sama yang lebih kooperatif penting dilakukan untuk peningkatan hubungan antar negara yang lebih baik dalam berbagai bidang.

"Kami juga ingin dialog bilateral dalam kawasan regional," ujarnya.

Taiwan, menurut dia, sebagai salah satu anggota APEC sudah mempersiapkan diri dengan baik dalam ajang tersebut. Kesiapan itu terkait dengan isu-isu penting seperti kooperasi, koneksi, dan mempromosikan regional Asia Pasifik.

"Kami ingin (dalam APEC 2013) berdiskusi dengan para pimpinan anggota APEC," katanya.

Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 2013 akan diselenggarakan di Bali dari 1-8 Oktober mendatang. Tema besar yang diusung Indonesia dalam pertemuan APEC 2013 adalah "Resilient Asia Pacific, Engine of Global Growth".

Isu ketahanan ekonomi dan mesin pertumbuhan global yang akan menjadi pembahasan utama dan tema penyelenggaraan APEC pada 2013.

Selain dihadiri 21 pemimpin negara yang tergabung dalam APEC, perhelatan ini diperkirakan akan dihadiri 5.000 delegasi dan media dari berbagai negara. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013