Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan tim medis untuk memastikan semua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam kondisi sehat dan tidak ada yang sakit selama bertugas pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami menyiagakan tim medis di 11 puskesmas se-Kota Mataram selama 24 jam pada tanggal 14-15 Februari 2024," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram dr H Emirald Isfihan di Mataram, Selasa.

Kesiapsiagaan tim medis dari Dinkes ini sesuai arahan Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana agar setiap organisasi perangkat daerah menyukseskan Pemilu 2024.

Baca juga: KPU Kota Bandung gandeng Dinkes jamin kesehatan KPPS

Oleh karena itu, kata Emirald, selain tim medis Dinkes juga akan melakukan pemantauan di masing-masing wilayah kerja dengan menggunakan mobil ambulans yang akan disiapkan di masing-masing puskesmas.

"Tim ambulans ini akan melakukan pemantauan di tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah kerja masing-masing puskesmas," katanya.

Ia mengatakan, kesehatan para petugas KPPS dipastikan sudah memiliki jaminan melalui BPJS Kesehatan, sebab sebanyak belasan ribu lebih petugas KPPS di Kota Mataram sudah didaftarkan menjadi anggota BPJS Kesehatan menggunakan kuota UHC Kota Mataram.

Baca juga: Dinkes siapkan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi KPPS Pemilu 2024

"Alhamdulillah, semua petugas KPPS di Mataram sudah kita daftarkan BPJS Kesehatan menggunakan kuota UHC Kota Mataram. Dengan demikian, pelayanan kesehatan bagi anggota KPPS gratis," katanya.

Lebih jauh Emirald memastikan selama pelaksanaan Pemilu 2024, layanan prioritas di puskesmas tetap buka 24 jam dan layanan kesehatan keliling disiapkan dengan menggunakan mobil ambulans 11 puskesmas se-Kota Mataram.

Dengan demikian, apabila ada gangguan kesehatan yang dialami baik oleh petugas KPPS, warga, maupun petugas lainnya dapat langsung ke puskesmas terdekat.

Baca juga: Dinkes Kaltim siagakan tim medis pantau kesehatan dan nutrisi KPPS 

"Petugas kami siap memberikan layanan maksimal, dan kita siap kawal Pemilu 2024 tanpa mengganggu layanan prioritas di puskesmas. Jika membutuhkan tindakan lebih lanjut, kita akan rujuk ke rumah sakit," katanya.
 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024