Alhamdulillah USK berhasil menjadi kampus nomor satu di Pulau Sumatra dan Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh menyatakan kampus yang dipimpinnya tersebut menjadi perguruan tinggi terbaik di Sumatera versi Webometrics.

"Alhamdulillah USK berhasil menjadi kampus nomor satu di Pulau Sumatra dan Aceh. Yang paling kita syukuri, USK sukses naik 68 peringkat dari sebelumnya posisi 81 secara nasional, dan kini ada di posisi ke-13," kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan, Webometrics Ranking adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, yaitu sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian public terbesar di Spanyol.

Lembaga tersebut dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif internet dan web content yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.

Indikator pemeringkatan web tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman, tapi juga yang lebih penting adalah kinerja global dan visibilitas dari universitas.

"Sejauh ini USK terus konsisten berada di jajaran top universitas di Indonesia. Kolaborasi dan kerja keras menjadi modal berharga bagi kami untuk terus menapaki World Class University," kata Rektor.

Adapun peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia saat ini yaitu: Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institute Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga.

Kemudian diikuti oleh IPB University, Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta, Universitas Diponegoro, Institute Teknologi Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Hasanuddin (Unhas), Telkom University, dan USK.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024