Program beasiswa ini menawarkan kuliah gratis, termasuk uang makan, dan transportasi
Jakarta (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Jakarta melakukan edukasi literasi keuangan bagi siswanya agar mampu mengelola keuangan dengan baik.

Kegiatan itu digelar di sela-sela acara pentas seni yang diikuti oleh siswa kelas XII di lapangan SMAN 11 Jakarta, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Selasa.

"Di sela-sela kegiatan ini, datang tim dari Bank BCA yang memberikan edukasi mengenai literasi keuangan. Ini sangat bermanfaat untuk anak muda sekarang, agar mereka tahu mengenai manfaat dari menabung," kata Kepala Sekolah SMAN 11 Jakarta, Penina Sinambela.

Selain literasi keuangan, para siswa juga diberikan informasi terkait program beasiswa untuk jenjang perguruan tinggi, bagi siswa berprestasi di bidang akademik.

Program beasiswa ini menawarkan kuliah gratis, termasuk uang makan, dan transportasi.

"Kondisi anak-anak di SMA 11 ini heterogen. Dari segi ekonomi, banyak orang tua yang berasal dari ekonomi lemah. Sempat kami tanyakan ke orang tua, kebanyakan anak-anak memilih bekerja setelah lulus atau bekerja dan tidak lanjut kuliah," katanya..

Dengan adanya dana tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dan kerja sama dari Bank BCA, anak-anak dapat melanjutkan kuliah, apalagi kuliah hanya dua tahun.

"Mereka bisa dapat ilmu dan menerapkannya nanti di BCA atau bank lain, sehingga ekonomi keluarganya meningkat," kata Penina.

Personel Relationship Officer Cabang BCA Asemka Andi Nugraha, mengatakan perusahaannya mempunyai program CSR untuk memberikan literasi keuangan bagi siswa SMP hingga SMA/SMK.

"Dengan adanya pengetahuan tentang literasi keuangan, maka para siswa tahu pentingnya menabung dan mengelola keuangan sendiri," kata Andi.

Dalam kesempatan itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada siswa SMAN 11 Jakarta yang memang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Perusahaannya, kata dia, memiliki program beasiswa yang disebut program pendidikan bisnis dan perbankan (PPBP) dan program pendidikan teknik informatika (PPTI).

"Kualifikasinya nilai rapor dari kelas X hingga kelas XII rata-rata 7, tidak pernah tinggal kelas, tidak pernah terlibat narkoba. Setelah itu bisa mendaftar laman resmi BCA untuk ikut seleksi tes tertulis," ujarnya.

Mereka nantinya akan mendapat ijazah setara S1, kuliahnya dua tahun penuh, dari jam 8 sampe jam 17.00 WIB. Materi yang diberikan padat sehingga dua tahun dapat selesai.

"Uang saku tiap bulan, diberikan tempat tinggal di Sentul dekat kampus. Makan dan transportasi juga ada. Setelah lulus mereka bisa bekerja di luar BCA atau bisa menjadi karyawan BCA," kata dia.

Sementara itu, Ketua Komite SMAN 11 Jakarta Muhammad Amin menyambut baik kegiatan edukasi literasi keuangan sekaligus sosialisasi program beasiswa BCA.

Dia berharap program itu dapat diimplementasikan di sekolah untuk membantu meringankan beban orang tua.

"Semoga program ini bisa diimplementasikan dan siswa kita bisa ikut magang kerja dan beasiswa untuk meringankan beban orang tua. Kami sudah melakukan di Pusat Pelatihan Kerja Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Timur, kemudian kunjungan ke UPN. Dan dalam waktu dekat, kunjungan ke Politkenik Negeri Kreatif," ujarnya.
Baca juga: Ajang pameran otomotif jadi "taman bermain" bagi siswa SMK
Baca juga: Dishub DKI luncurkan lima bus sekolah khusus penyandang disabilitas
Baca juga: Murid sekolah di Jakarta Barat dilarang ikut kampanye pemilu

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024