Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menurunkan sebanyak 40 personel medis untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para petugas pengamanan di ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

"Dari 40 personel medis itu terdiri atas empat tim satgas kedokteran Polda Sumut, satu tim dikendalikan oleh satu dokter," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Balige, Jumat.

Baca juga: Bila cuaca buruk, InJourney sebut keputusan ada di F1H2O Racing

Hadi mengatakan tiga tim medis tersebut berada di lokasi bundaran Balige, Lumban Silitong, trauma centre dan lainnya. "Sementara satu tim lagi mobile untuk memantau personel yang bertugas di lapangan," katanya.

Dia mengatakan pemeriksaan kesehatan ini sebagai bentuk perhatian Polda Sumut kepada personel agar tetap dalam kondisi sehat, bugar dan prima selama menjalankan tugas pengamanan F1 Powerboat.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan Polda Sumut telah menyiapkan satu unit ambulans lengkap dengan alat kesehatan, obat-obatan dan vitamin selama berlangsungnya F1 Powerboat.

"Kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada personel pengamanan F1 Powerboat terus dilakukan setiap hari," katanya.

Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: Dishub Sumut sediakan 35 bus gratis pada F1Powerboat 2024

Baca juga: Menpora: Cara memasyarakatkan F1 Powerboat adalah memiliki pembalap


Pada 2-3 Maret 2024, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.

Penyelenggaraan F1 Powerboat tahun ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara dan menjadi seri pembuka untuk satu musim perlombaan ke depan.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024