tidak ada kendala yang perlu dikhawatirkan dalam bidang transportasi
Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menyediakan sebanyak 35 shuttle bus gratis dalam kejuaraan F1Powerboat Danau Toba 2024 yang digelar 2 sampai 3 Maret 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Jumat, mengatakan bus yang disediakan itu untuk mendukung kelancaran transportasi selama perhelatan kejuaraan balap air internasional tersebut.

"Langkah ini, kami lakukan untuk memastikan pengalaman terbaik untuk pengunjung selama berlangsungnya ajang internasional ini," ujar Agustinus, di Medan, Kamis.

Selama perhelatan itu, kata dia, pihaknya menyediakan 5 unit bus besar berkapasitas 50 kursi, 30 unit bus kecil 16 kursi yang akan dioperasikan mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

"Persiapan tersebut menjadi bagian dari kolaborasi dengan instansi terkait, mencakup Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kemenhub melalui BPTD Sumut, Satlantas Polres Toba, dan Dishub Toba," kata dia.

Baca juga: Polda Sumut pasang 40 CCTV pantau pengamanan kejuaraan F1Powerboat 
Baca juga: Kapolda Sumut: Rekayasa lalu lintas F1Powerboat akses lokasi mudah

Selain itu, dia melanjutkan, pihaknya juga menyediakan dua unit Variable Message Sign (VMS) atau papan tanda jalan otomatis dan melibatkan sejumlah personel yang akan bertugas selama ajang tersebut.

"Konsep manajemen rekayasa lalulintas mengacu pada pelaksanaan event Aquabike 2023 lalu. Kita sudah siap dan akan berkolaborasi dengan instansi terkait, terutama dalam bidang transportasi," sebutnya.

Agustinus mengaku kejuaraan F1Powerboat 2023 menjadi pengalaman bagi pihaknya sehingga persiapan kejuaraan F1Powerboat 2024 dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

"Dishub Sumut memastikan bahwa tidak ada kendala yang perlu dikhawatirkan dalam bidang transportasi. Kolaborasi lintas instansi menjadi kekuatan utama dalam menyelenggarakan transportasi yang lancar dan efisien selama event internasional ini berlangsung," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumut kerahkan 1.138 personel amankan kejuaraan F1 Powerboat
Baca juga: 120 ton logistik F1Powerboat tiba di Danau Toba


Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara melakukan simulasi rekayasa arus lalu lintas menjelang kejuaraan balap air internasional tersebut.

"Untuk kendaraan roda empat dan enam dari arah Tapanuli Utara dialihkan menuju by pass Balige," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Dia mengatakan selama perhelatan kejuaraan F1Powerboat disediakan 10 lokasi parkir umum bagi masyarakat maupun wisatawan. Sedangkan akses warga menuju ke inti Kota Balige melawati Simpang Aek Bolon.

"Untuk kendaraan roda enam dari arah Medan atau Parapat dialihkan menuju by Pass Balige," kata dia.

Baca juga: Pembalap internasional F1Powerboat mulai berdatangan di Danau Toba
Baca juga: Menparekraf : F1Powerboat berdampak luas pada perekonomian 
Baca juga: Bupati Toba: F1Powerboat dorong peningkatan wisatawan ke Danau Toba

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024