Jakarta (ANTARA) - Grup band asal Korea Selatan DAY6 kembali dengan merilis album mini kedelapan bertajuk Fourever setelah jeda tiga tahun karena anggotanya menjalani wajib militer.

Sebagaimana dikutip dalam siaran The Korea Herald pada Senin, Young K, salah satu anggota grup, menyampaikan bahwa judul mini album baru tersebut mengandung beberapa makna.

"Fandom (basis penggemar) resmi kami, My Day, telah direkrut untuk ke-4 kalinya tahun ini. Judulnya juga menandakan harapan kami bahwa musik yang kami berempat nyanyikan akan bertahan selamanya," katanya.

Sementara itu, pemimpin grup Sungjin mengungkapkan bahwa meskipun semua anggota sangat senang bisa kembali ke panggung, tetapi ada kekhawatiran dan kecemasan pada mereka.

"Kami berasumsi bahwa harapan pendengar akan tumbuh selama kami pergi, jadi bagaimana album ini nanti memberatkan pikiran kami," kata Sungjin.

Dia menyebut album baru itu sebagai jembatan antara DAY6 lama dan DAY6 masa depan.

"Kami memutuskan untuk melanjutkan mengerjakan musik yang telah dilakukan DAY6 sejauh ini, tetapi menunjukkan bagaimana kami telah tumbuh," katanya.

Baca juga: DAY6 siap gelar konser perdana usai personel selesai wajib militer

Album Fourever meliputi tujuh lagu, termasuk lagu utama "Welcome to the Show" yang liriknya ditulis oleh Young K.

Young K mengatakan bahwa dia ingin membuat lagu yang bisa dipahami oleh semua orang.

"Suasana lagunya juga akan sesuai dengan banyak kesempatan. Ini adalah lagu yang luar biasa untuk dinyanyikan di ruang konser, upacara kelulusan, dan pertandingan olahraga," kata Young K.

Baca juga: Young K DAY6 merilis album "Letters with Notes"

Selama tiga tahun hiatus grup, anggota DAY6 yang terdiri atas Sungjin, Young K, Wonpil, dan Dowoon menyelesaikan tugas wajib militer mereka.

DAY6 debut pada 2015 dan akan merayakan ulang tahun ke-10 pada 2024. Meski hiatus panjang, kerja tim dalam mempersiapkan album berjalan lancar berkat latihan yang telah dijalani selama bertahun-tahun.

"Saya merasa bahwa kami saling memahami dengan sangat baik. Saya menyukai proses mengembangkan dan bertukar ide, seolah-olah kami bisa membaca pikiran satu sama lain," kata Sungjin.

Baca juga: DAY6 akan sapa penggemar Indonesia di SHI 2024

Album mini DAY6, Fourever, akan diluncurkan pada Senin pukul 18.00 waktu Korea Selatan.

Selanjutnya, grup akan mengadakan konser pada 12 sampai 14 April 2024 di Jamsil Indoor Stadium di Seoul, Korea Selatan.

Keempat anggota grup berulang kali menekankan betapa mereka bersyukur kepada para penggemar, menyampaikan bahwa alasan terbesar di balik kesuksesan grup sejauh ini adalah para penggemar mereka, My Day.

"(Penggemar kami) telah menunggu kami begitu lama. Sekarang giliran kami untuk membalas mereka dan mengembalikan cinta," kata Dowoon.

Sungjin pun sepakat.

"Saya selalu bekerja dengan keyakinan bahwa musik kami akan berhasil suatu hari nanti, dan saya pikir itulah kekuatan pendorong yang membuat kami sampai sejauh ini. Saya percaya bahwa jika kami melanjutkan musik kami dengan muruah, hasil yang baik pada akhirnya akan mengikuti," katanya.

Baca juga: Empat tahun tak ke Indonesia, ini curhatan Young K DAY6
Baca juga: DAY6 perbarui kontrak dengan JYP Entertainment

 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024