Jakarta (ANTARA) - Setelah resmi merilis Pixel 8 series yang terdiri atas Pixel 8 dan Pixel 8 Pro pada Q4 2023, Google saat ini dikabarkan tengah menyiapkan diri untuk merilis versi yang lebih ramah di kantong yaitu Pixel 8a.

Ponsel pintar suksesor Pixel 7a itu diproyeksikan meluncur pada Mei 2024 bertepatan dengan momen pelaksanaan Google I/O yang menjadi pertemuan rutin tahunan dari Google mengenalkan teknologi-teknologi terbarunya.

Dalam laporan GSM Arena, Rabu (20/3), meski masih tersisa sekitar 1,5 bulan menjelang peluncurannya namun telah ada bocoran mengenai spesifikasi dari Pixel 8a.

Baca juga: Google Pixel 8 bakal dapatkan Find My Device terbaru

Dimulai dari perbandingan harga dari generasi sebelumnya, diketahui Pixel 8a bakal dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibanding Pixel 7a.

Lalu untuk pertama kalinya, Pixel a series akan menggunakan chipset yang sama dengan versi reguler-nya yaitu untuk Pixel 8a akan menggunakan Tensor G3.

Bocoran lainnya berasal dari spesifikasi layar, untuk layarnya dikabarkan ponsel pintar ini bakal memiliki refresh rate 120 Hz dan memiliki kecerahan puncak HDR 1400 nits.

Baca juga: Tak hanya di Galaxy S24, kini "Circle to Search" hadir di Pixel 8

Aspek paling menarik dari Pixel 8a adalah ketersediaannya yang lebih luas. Pixel 7a hanya tersedia di 21 negara, dan 8a akan diluncurkan di negara-negara tersebut.

Namun untuk Pixel 8a, ketersediaan juga akan merambah ke serta negara-negara baru di Eropa seperti Ceko, Estonia, Finlandia, Hongaria, Lituania, Latvia, Polandia, Rumania, Slovakia, dan Slovenia.

Terakhir Pixel 8a dipastikan akan memiliki dukungan output DisplayPort, dan kamera yang sama persis dengan 7a.

Baca juga: Motorola luncurkan ponsel Android baru saingi Google Pixel 8

Baca juga: Sejumlah ponsel pintar terbaik yang diagendakan meluncur tahun 2024

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024