"Kita melibatkan kawan-kawan mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang tergabung dalam komunitas Road Safety Rangers yang dibentuk Jasa Raharja, kami berharap komunitas ini mampu menjadi pelopor keselamatan di Babel,"
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Babel menggiatkan edukasi tertib berlalu lintas untuk meningkatkan keselamatan transportasi di daerah itu.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung Arny Irawati Tenriajeng di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat agar semakin patuh aturan berkendara sehingga keselamatan transportasi semakin terjamin.

"Kita melibatkan kawan-kawan mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang tergabung dalam komunitas Road Safety Rangers yang dibentuk Jasa Raharja, kami berharap komunitas ini mampu menjadi pelopor keselamatan di Babel," kata Arny.

Ia mengatakan jumlah penyerahan santunan PT Jasa Raharja sepanjang tahun 2023 sebesar Rp11,6 miliar atau naik 13,62 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan ini tentunya menjadi catatan penting bagi seluruh pihak karena melalui data tersebut bisa dibaca telah terjadi peningkatan kasus kecelakaan maupun korban fatal.

Berdasarkan penelitian dari beberapa universitas di Indonesia korban kecelakaan akan mempengaruhi perekonomian keluarga korban, dimana 62,5 persen korban kecelakaan meninggal dunia keluarganya mengalami pemiskinan.

Dalam hal ini. kata dia, Jasa Raharja memberikan perhatian terhadap keselamatan transportasi, salah satunya melalui program pencegahan kecelakaan yang konsisten dilaksanakan.

"Saat ini kami fokus terhadap perubahan perilaku masyarakat melalui socio engineering, karena sesuai dengan yang disampaikan pakar transportasi di Babel, mayoritas kasus kecelakaan diakibatkan oleh kesalahan manusia, untuk itu yang harus kita lakukan adalah mengubah perilaku masyarakat untuk tertib berkendara," katanya.

Beberapa upaya yang dilakukan Jasa Raharja yakni melalui sosialisasi secara langsung maupun melalui media sosial, pelaksanaan FGD dengan Forum Komunikasi Lalu Lintas Jalan (FKLL), pelaksanaan program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas (PPKL), dan Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas.

Upaya-upaya tersebut sasarannya adalah dapat mengubah perilaku masyarakat agar lebih tertib berkendara sehingga mampu mengurangi risiko kecelakaan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024