Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) melalui program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) memberikan pelatihan pemberdayaan masyarakat berupa pembuatan slipper (sandal) hotel kepada 20 keluarga penerima manfaat (KPM) asal Kelurahan Bukit, Karangasem, dan Tumbu.

Kementerian Sosial dalam rilis di Jakarta, Rabu, menyebutkan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi (Pusdiklatbangprof) selama tiga hari, 25 hingga 27 Maret 2024, di Gedung Serba Guna Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.
 
Mensos Tri Rismaharini mengatakan pelatihan mengenai menjahit, mengemas hingga nantinya mengelola keuntungan hasil penjualan slipper itu dimaksudkan agar memberikan kesempatan usaha bagi KPM sehingga dapat mandiri secara ekonomi dan sosial.
 
Setelah melihat secara langsung proses pembuatan slipper hotel pada Selasa (26/3), ia mengatakan beberapa hasil slipper hotel sudah rapi, namun masih kurang cepat dalam proses produksi.

Baca juga: Kemensos berikan pelatihan keterampilan bagi ODHA di Kebumen
 
Kecepatan dalam produksi, kata dia, mau tidak mau menjadi hal penting karena berpengaruh terhadap penghasilan yang didapatkan.
 
“Bukan hanya rapi saja, tapi juga harus cepat. Produknya sudah rapi hanya butuh kecepatan ibu-ibu dan itu bisa dilatih terus. Kalau produksinya kita sedikit, kita ngerjakan lambat maka keuntungan kita juga sedikit, jadi yang perlu kita kejar kecepatan dalam memproduksi,” katanya.
 
Pihaknya akan membantu pada tahap pemasaran sehingga hasil produksi para KPM Pena yang telah mendapatkan pelatihan dapat dipasarkan, bahkan menembus pasar hingga luar Pulau Bali.
 
“Jadi ibu-ibu nggak usah mikir. Saya ngga mungkin sekadar melatih saja, nanti kita bantu sampai ibu bisa produksi dan akan kita kawal sampai pemasarannya,” ujarnya.
 
Nantinya, Kementerian Sosial memberikan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan jika para KPM sudah mendapatkan penghasilan dari penjualan slipper hotel tersebut.

Baca juga: Kemensos kembali adakan pelatihan Pahlawan Ekonomi Nusantara 
Baca juga: Mensos berikan motivasi kepada peserta pelatihan mekanik di Jayapura
Baca juga: Kementerian Sosial latih penerima manfaat PENA kelola keuangan

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024