Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 menyiapkan 20 terminal penumpang dan kapal roll-on/roll-off (RoRo) untuk melayani arus mudik Lebaran 2024, yang diprediksi akan mencapai 713.449 penumpang atau naik 15 persen dari tahun lalu.

Sementara, untuk penumpang embarkasi maupun debarkasi pada 2023 di Pelindo Regional 3 mencapai 620.291.

Senior Manajer Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari, dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, mengatakan potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut tersebut diprediksi naik setelah ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah.

Oleh karena itu, pihaknya telah menentukan langkah antisipasi, salah satunya mempersiapkan terminal penumpang dengan sebaik mungkin yang ada di masing-masing pelabuhan.

"Persiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik, baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang," kata Karlinda.
 
Adapun fasilitas yang dipersiapkan tersebut, kata dia, diantaranya ruang tunggu bagi calon penumpang, Posko Mudik Lebaran, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga serta kamera pemantau guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.   
 
Selain itu, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.
 
Karlinda menjelaskan, sejumlah pelabuhan utama diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibandingkan hari biasa, seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang.
 
“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, namun kami juga terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik siap melayani," ujarnya.
 
Sementara itu, Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengimbau kepada seluruh General Manager Pelabuhan yang mengelola terminal di bawahnya untuk melakukan persiapan lebih dini.
 
“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang," ujar Ardhy.
 
Tak hanya itu, guna mendukung kelancaran arus mudik 2024, pihaknya juga mendukung program mudik gratis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyediakan 75 bus gratis ke berbagai wilayah, serta program mudik kapal gratis milik Kementerian Perhubungan.

Baca juga: SPJM Pelindo siapkan 300 kuota mudik gratis

Baca juga: Pelindo masih fokus standarisasi pelayanan di tiap pelabuhan

Baca juga: Sarana prasarana Jalan Tol Cibitung-Cilincing siap untuk mudik Lebaran

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024