Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Kelautan dan Perikanan(KKP) tengah mempersiapkan pembangunan Kampung Nelayan Modern atau Kalamo Pasarbanggi yang terletak di Desa Pasarbanggi Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
 
“Tujuan dari kunjungan saya ke sini adalah untuk melihat langsung kondisi nelayan di lokasi Kalamo Pasarbanggi Rembang ini,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Ia menegaskan bahwa kampung nelayan modern ini dibangun secara tematik dan disesuaikan dengan lingkungan masyarakat di Desa Pasarbanggi, Kabupaten Rembang.

"Pembangunan Kalamo ini tematik ya, disesuaikan dengan lingkungan di sini, lalu ke depannya kita rencanakan pembangunan pelabuhan terintegrasi," ujarnya pula.

Rencana pembangunan Kalamo Pasarbanggi serta dukungan sarana prasarana yang ada nantinya diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi untuk terus bergerak dan ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan pun dapat dijual dan dipasarkan langsung di sentra kuliner yang juga telah tersedia sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Tb Haeru Rahayu menyampaikan bahwa saat ini fasilitas yang akan dibangun di Kalamo Pasarbanggi Rembang diantaranya Sentra Pengolahan, Sentra Kuliner, Bale Nelayan, Kios Perbekalan, Bengkel, Docking, Shelter Pendaratan Ikan, dan Pabrik Es atau Cold Storage. Tebe juga berpesan agar fasilitas yang disediakan pemerintah nantinya harus digunakan dan dijaga dengan baik oleh nelayan dan masyarakat sekitar.

"Kalau semua fasilitas sudah dibangun, tolong dijaga ya pak, agar tidak rusak," jelas Tebe.

Pada kunjungan tersebut, Menteri Trenggono didampingi jajaran Eselon I KKP memberikan sejumlah bantuan kepada perwakilan nelayan Desa Pasarbanggi, diantaranya 50 unit Bubu Rajungan, serta 100 unit Jaring Insang.

Diharapkan melalui pembangunan Kampung Nelayan Modern di Desa Pasarbanggi Kabupaten Rembang ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian nelayan dan menciptakan masyarakat pesisir yang lebih produktif dan mandiri.
Baca juga: KKP alokasikan Rp22 miliar untuk pembangunan "Kalamo" di Banyuwangi
Baca juga: Dirjen PDSPKP: Kampung nelayan modern tumbuhkan ekonomi Pulau Pasaran
Baca juga: Keberlanjutan Kampung Nelayan Modern KKP Terus Didampingi dan Ditingkatkan

 
 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024