Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz, yang memenangi tujuh dari 13 gelar tingkat tur di lapangan tanah liat, siap untuk memulai turnamen tanah liat Eropa di Monte Carlo Masters.

Petenis Spanyol itu mengakui bahwa ia berusaha keras di semua lini dan telah menemukan penyesuaian dari lapangan keras ke tanah liat yang memiliki permukaan yang halus.

"Saya mendapat libur beberapa hari setelah Miami dan mulai bermain di lapangan tanah liat sedikit," kata Alcaraz dikutip dari ATP, Minggu.

"Saya tidak membutuhkan waktu berhari-hari untuk menampilkan performa terbaik saya, jadi latihan yang saya lakukan di lapangan tanah liat sangat bagus, jadi mudah-mudahan saya memulai turnamen dengan cara yang baik."

Alcaraz baru akan tampil untuk kedua kalinya di ajang lapangan tanah liat ATP Masters 1000 tersebut, setelah tersingkir di babak kedua pada tahun 2022.





Petenis berusia 20 tahun, yang berada di paruh undian yang sama dengan Novak Djokovic, itu akan mengawali perjalanannya di Monte Carlo dengan melawan Felix Auger-Aliassime atau pemain kualifikasi.

"Saya sangat senang berada di sini di Monte Carlo. Ini adalah turnamen yang sangat indah. Saya menonton turnamen ini berkali-kali sejak saya masih kecil," ujar Alcaraz.

Saya baru bermain sekali. Itu tidak berjalan dengan baik pada 2022 tetapi saya sangat bersemangat untuk memulai turnamen ini di sini dan melihat bagaimana jadinya. Saya sangat senang tentang hal itu. Mudah-mudahan saya bisa berlari denBaca juga: Alcaraz targetkan emas Olimpiade Paris daripada gelar French Opengan baik di sini, lolos ke putaran final. Turnamen ini sulit. Banyak pemain yang sulit."

Alcaraz tiba di Monte Carlo di peringkat tiga setelah Jannik Sinner melampauinya dengan memenangi gelar di Miami.

Meskipun ia bertekad untuk bangkit kembali, Alcaraz tidak terlalu khawatir dengan keterpurukannya baru-baru ini.

"Menjadi No. 1 atau No. 2 itu bagus, tapi turun satu posisi saja tidak banyak berubah," kata Alcaraz.

"Saya tahu para pemain di depan saya pantas mendapatkan posisi ini jadi saya harus bekerja untuk memulihkannya. Saya tidak bermain dengan tekanan yang berbeda menjadi No. 2 atau No. 3."

Alcaraz mengincar gelar keduanya musim ini di Monte Carlo, setelah meraih kemenangan di Indian Wells bulan lalu.

Baca juga: Nadal mundur dari Monte Carlo Masters

Baca juga: Djokovic tak ingin berekspektasi terlalu tinggi di Monte Carlo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024